Buah-buahan untuk Ibu Hamil

0
79
Buah-buahan untuk Ibu Hamil

Buah-buahan untuk Ibu Hamil. Buah-buahan termasuk nutrisi yang paling baik bagi tubuh manusia, tidak terkecuali bagi para ibu hamil. Namun memang ada buah-buahan terbaik yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi mengingat kandungan nutrisinya yang cocok untuk janin dan ibu hamil. Buah-buahan untuk ibu hamil mana saja yang cocok untuk dikonsumsi? Mari mengenal beberapa buah-buahan tersebut yang sebaiknya dikonsumsi secara rutin.

Baca : Memilih makanan sehat untuk ibu hamil

Daftar buah-buahan untuk ibu hamil yang baik untuk dikonsumsi

Nah, tentu ada beberapa buah yang paling baik untuk dikonsumsi antara lain ada dalam daftar buah-buahan untuk ibu hamil berikut ini:

1. Buah yang mengandung asam folat

Buah yang memiliki kandungan asam folat antara lain adalah buah jeruk, strawberry, peach, anggur, kurma dan aprikot. Asam folat sendiir berfungsi membantu pertumbuhan otak serta saraf tulang belakang dan mencegah kelainan seperti kelainan tulang belakang yang tidak terbentuk sempurna.

2. Buah yang mengandung vitamin C

Vitamin bermanfaat untuk penyerapan zat besi dan menjaga kesehatan tulang serta gigi. Vitamin C juga berperan dalam mendukung formasi kolagen atau protein yang memberi struktur pada tulang, kulit, otot dan pembuluh darah. Untuk itu konsumsi buah seperti buah jeruk, apel, peach, strawberry, anggur dan jambu serta pepaya dan nanas.

3. Buah dengan kandungan vitamin A

Buah-buah ini antara lain adalah pepaya, jambu, anggur, mangga dan semangka. Vitamin A punya fungsi untuk reproduksi sel, mendukung pertumbuhan tulang serta penglihatan serta membantu menjaga sistem imun dan juga untuk produksi beberapa hormon.

4. Buah yang mengandung vitamin B kompleks

Vitamin B kompleks mencakup vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B7, vitamin B9 serta vitamin B12. Vitamin B kompleks ini dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan juga metabolisme tubuh yang baik. Buah yang mengandung vitamin B kompleks antara lain adalah pisang dan keluarga berry.

5. Buah dengan kandungan kalsium

Buah dengan kandungan kalsium dapat membantu lalu lintas nutrisi yang masuk lewat dinding sel dan menghilangkan insomnia yang sering kali terjadi pada ibu hamil. Nutrisi kalsium ini terdapat pada buah jeruk, pir, delima dan buah kurma.

6. Buah yang mengandung seng

Buah yang mengandung seng baik untuk dikonsumsi untuk ibu hamil guna membantu pertumbuhan dan replikasi sel. Buah yang mengandung unsur seng adalah alpukat.

Alpukat pada khususnya memiliki kandungan 114 mikrogram asam folatyang memenuhi 30% kebuuthan asam folat bagi ibu hamil. Maka dari itu, buah-buahan untuk ibu hamil yang paling baik bisa dikatakan adalah buah alipkat. Buah alpukat dipercaya bermanfaat baik untuk kulit bayi. Buah ini pun memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi sehingga baik untuk ibu hamil. Begitu pun kandungan serat pada buah alpukat juga mampu membantu pencegahan sembelit yang sering dialami oleh ibu hamil. Kadar kalium yang terkandungan pada buah alpukat membantu ibu hamil agar tekanan darahnya tetap stabil.

Baca : Diet untuk Ibu Hamil dengan Diabetes

Ya, buah-buahan memang salah satu jenis makanan terbaik yang memang wajib untuk dikonsumsi. Terutama pada ibu hamil, sangat baik untuk selalu menyediakan buah-buahan di rumah setiap harinya. Buah-buahan tersebut bisa dijadikan sebagai cemilan bagi ibu hamil. Apalagi biasanya buah-buahan mampu menetralkan rasa mual sehingga tidak muntah. Pun konsumsinya terutama tidak berbahaya untuk pencernaan seperti misalnya sembelit yang sering terjadi pada ibu hamil.

Baca : Manfaat Buah Kering Bagi Kesehatan

Mengonsumsi buah-buahan untuk ibu hamil sangat direkomendasikan, bahkan setelah melahirkan konsumsi buah-buahan tetap harus dilakukan. Tidak hanya ibu yang sehat tetapi tentunya ‘menular’ ke bayi juga.

SHARE
Blog Health Happiness and Hope ini dibuat untuk sharing berbagai tips kesehatan, kehidupan yang penuh harapan.. kami memberikan tips-tips sederhana agar bisa berbagi dengan teman-teman, semoga ini bermanfaat bagi kita semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here