Cara Membersihkan Paru-paru Dari Asap Rokok

0
293
Cara Membersihkan Paru-paru Dari Asap Rokok

Cara Membersihkan Paru-paru Dari Asap Rokok. Semua orang tentunya tahu bahwa merokok sangatlah tidak baik bagi kesehatan, dari penjelasan yang sederhana sampai penjelasan detailnya sekalipun sudah dijelaskan, namun tetap saja bagi mereka yang sudah menjadi perokok lama, pasti akan kecanduan akan rokok dan merasa susah sekali untuk berhenti merokok. Bahaya rokok itu dapat mengganggu berbagai jenis organ kita seperti merusak organ paru-paru, jantung, kanker, bahkan dapat menyebabkan gangguan pada kehamilan dan janin bagi ibu yang sedang hamil.

Terlepas dari bahaya rokok itu semua, bagi mereka yang ingin berhenti dari kebiasaan merokok haruslah mendapatkan dukungan dari keluarga teman bermain atau lingkungan sekitarnya. Semua aspek ini harus mendukung, dengan niat yang kuat untuk berhenti merokok akan dapat benar benar berhenti merokok. Namun masalahnya bukan hanya sampai disitu saja, karena bagi anda yang sudah kecanduan rokok atau yang sudah merokok sejak lama akibat yang ditimbulkan oleh rokok tidak bisa hilang hanya karena anda berhenti merokok saja.

Salah satu dampak dari merokok yaitu gangguan pada paru paru anda. Gangguan ini diakibatkan dari kandungan zat yang terdapat dalam tembakau yaitu nikotin telah masuk ke dalam paru paru si perokok. Zat nikotin sangat berpotensi untuk menggagalkan fungsi paru-paru anda sehingga nantinya di usia tua ada kemungkinan besar dapat terkena gagal fungsi pada paru paru anda. Untuk mengatasi hal tersebut maka tidak lain caranya ialah dengan membersihkan nikotin, zat beracun tersebut dari paru paru anda.

Cara Membersihkan Paru-paru Dari Asap Rokok

Dibawah ini adalah beberapa cara membersihkan paru-paru dari asap rokok yang ampuh seperti berikut:

1. Bawang Putih Dan Merah

Siapa yang menyangka bahwa bawang putih dan merah mengandung zat yang dapat mengeluarkan racun nikotin yang terdapat pada paru paru. Dengan mengkonsumsi makanan ini maka secara perlahan kesehatan paru paru anda akan bersih, hal ini dikarenakan kedua bumbu dapur ini mengandung zat yang sangat baik untuk kesehatan anda, yaitu zat anti-bakteri dan zat anti-virus yang baik untuk menetralkan racun yang dibawa oleh rokok.

Baca juga : Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

2. Cabai Rawit

Salah satu makanan yang lain yang dapat menyehatkan paru paru anda yaitu dengan mengkonsumsi cabai rawit. Meskipun bumbu yang satu ini sangat pedas, namun khasiat yang terkandung sangat baik untuk kesehatan anda. Cabai rawit juga bisa meningkatkan fungsi paru paru karena mengandung gamm tokoferol, salah satu vitamin E yang telah diyakini mampu mengurangi risiko kanker paru paru akibat asap rokok.

Baca juga : Manfaat Cabai Bagi Kesehatan Kita

3. Olahraga Teratur

Sejak dulu olahraga memang sudah dikenal sangat baik untuk kesehatan, bukan hanya untuk mengeluarkan racun yang ada didalam tubuh anda, namun ternyata olahraga juga akan menjadikan paru paru Anda menjadi sehat sehingga menghindarkan dari bahaya asap rokok. Salah satu olahraga yang sangat baik untuk kesehatan paru paru ialah renang, hal ini dikarenakan saat melakukan renang, secara tidak langsung kita telah melatih sistem pernafasan.

4. Wortel

Mungkin untuk mengkonsumsi wortel pada kali ini bisa anda buat menjadi jus. Dengan mengkonsumsi jus wortel sebelum makan berat akan meningkatkan kesehatan paru paru anda, dan menjaganya dari ancaman racun rokok. Vitamin yang terkandung didalam wortel bukan hanya baik untuk kesehatan mata, namun baik juga untuk kesehatan sistem pernafasan.

5. Kedelai

Mungkin kali ini bukan berarti anda harus langsung memakan kedelai, namun anda bisa memakan makanan atau minuman yang terbuat dari kedelai. Karena dalam kedelai terdapat zat yang dapat membantu meningkatkan fungsi paru-paru sehingga mengurangi resiko anda terkena sesak nafas kronis yang bisa saja datang setiap waktu.

6. Air Putih

Air putih merupakan minuman yang paling sehat, karena tidak mengandung efek samping apapun yang negatif. Dengan mengkonsumsi air putih dengan takaran yang pas dapat mengeluarkan racun racun yang bersarang dalam tubuh. Air putih juga dapat membantu detoksifikasi paru paru, dengan mengkonsumsi air maka pergantian lendir paru paru anda akan berjalan dengan baik. Minumlah air putih minimal 8 – 10 gelas per hari.

Baca : Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan Tubuh

Itulah sedikit informasi mengenai cara membersihkan paru paru dari asap rokok yang ampuh, semoga dapat bermanfaat untuk anda yang dalam proses penyembuhan dari dampak negatif rokok.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here