Cara Mengatasi Gejala Penyakit Asam Urat

0
463
Cara Mengatasi Gejala Penyakit Asam Urat

Cara Mengatasi Gejala Penyakit Asam Urat. Penyakit asam urat merupakan salah satu penyakit yang banyak menyerang orang-orang, khususnya orang yang sudah lanjut usia. Namun, bukan berarti penyakit ini tidak bisa menyerang kaum muda.

Namun, masih banyak orang yang berpikir bahwa penyakit asam urat adalah rasa nyeri pada bagian persendian saja, sehingga penyakit ini jarang mendapat penanganan ketika masih berada pada tahap awal.

Untuk lebih jelas dalam Cara Mengatasi Gejala Penyakit Asam Urat, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

Mengenal Penyakit Asam urat

Sebenarnya, asam urat adalah istilah yang diserap dari bahasa Inggris, yaitu uric acid. Penyakit ini dipicu oleh penumpukan sisa metabolisme usus terhadap zat purin yang terkandung di dalam makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

Anda juga perlu memperhatikan bahwa purin banyak terdapat pada makanan yang mengandung protein tinggi dan sayuran tertentu. Selain berasal dari makanan, purin juga berasal dari hasil dari pemecahan sel darah atau sebagai efek samping dari penyakit tertentu.

Pada kondisi normal, pada umumnya tubuh akan mengeluarkan kandungan asam urat melalui feses atau urin. Masalah akan mulai muncul apabila ginjal tidak mampu mengeluarkannya secara optimal.

Akibatnya, tubuh akan mengalami pengendapan zat purin atau penimbunan asam urat, terutama pada bagian persendian. Timbunan inilah yang akan menyebabkan rasa nyeri yang berkepanjangan pada sendi dan tendon. Rasa nyeri ini biasanya juga sering muncul pada malam atau pagi.

Sama halnya dengan penyakit lain, penyakit ini juga dipengaruhi oleh pola makan seseorang. Apabila terjadi ketidak seimbangan pada makanan yang dikonsumsi oleh seseorang. Selain itu, terlalu sering mengonsumsi makanan berpurin tinggi juga merupakan kontribusi besar bagi penyakit ini.

Gejala Penyakit Asam Urat

Ada beberapa gejala awal yang dirasakan oleh penderita asam urat pada umumnya, di antaranya adalah :

  1. Pada umumnya, akan terasa ngilu, nyeri, kesemutan pada bagian sendi. Bahkan bisa juga terjadi pembengkakan dan akan berwarna kemerahan atau terjadi peradangan sendi.
  2. Selain itu, rasa nyeri kebanyakan terjadi pada pagi hari pada saat bangun tidur atau pada saat malam hari.
  3. Selain itu, frekuensi rasa nyeri pada persendian juga akan terjadi berulang kali.
  4. Yang paling sering terserang ngilu dan nyeri adalah bagian sendi-sendi jari kaki, tangan, dengkul, tumit, pergelangan tangan, dan siku
  5. Pada beberapa kasus yang parah, persendian akan terasa sangat sakit pada saat bergerak

Untuk memastikan bahwa gejala tersebut adalah gejala asam urat, sebaiknya anda melakukan pemeriksaan di laboratorium. Biasanya penderita asam urat mempunyai penyakit lain yang dideritanya, misalnya hipertensi, diabetes, atau penyakit ginjal dan obesitas.

Mengatasi Cara Asam urat

Salah satu cara mengatasi dari gejala penyakit asam urat adalah dengan melalui obat asam urat yang mengandung allupurinol atau kortikosteroid yang memang sudah terbukti mampu menurunkan kadar asam urat secara drastis.

Namun, pemakaian obat yang berkepanjangan tentunya juga tidak akan membawa manfaat yang baik bagi tubuh. Oleh sebab itu, cara mengatasi asam urat yang paling baik dalam adalah dengan mengontrol pola makan penderitanya.

Baca : Berbagai Obat Sakit Asam Urat Tradisional

Anjuran Makanan Penderita Asam urat

Makanan yang dianjurkan bagi penderita asam urat untuk banyak mengonsumsi vitamin C, karena vitamin ini terbukti secara ampuh mampu mencegah resiko terkena asam urat. Adapun beberapa jenis makanan yang dianjurkan bagi penderita asam urat, yaitu :

  • Jus sirsak, selain mempertahankan keremajaan tubuh, sirsak juga sangat bermanfaat untuk mencegah dan mengobati asam urat dengan cara mengurangi rasa nyeri akibat asam urat.
    Baca : Manfaat Buah Sirsak, Daun dan Akarnya
  • Pisang, merupakan buah yang kaya akan potassium dan B6. Kandungan ini juga dapat membantu penderita asam urat dalam mengurangi rasa nyeri akibat asam urat.
  • Air putih, memang dari abad ke abad, air putih merupakan salah satu alternatif untuk menjaga kesehatan yang paling mudah dan murah. Sebaiknya penderita asam urat meminum 10 gelas air putih dalam satu hari.
    Baca : Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan Tubuh
  • Buah yang berair, penderita asam urat sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah yang berair untuk membantu mengeluarkan asam urat.

Baca : Anjuran dan Pantangan Penyakit Asam Urat

Inilah sekilas mengenai Cara Mengatasi Gejala Penyakit Asam Urat. Semoga bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here