Cara Mengatasi Sakit Punggung Selama Kehamilan

0
151
Cara Mengatasi Sakit Punggung Selama Kehamilan

Cara Mengatasi Sakit Punggung Selama Kehamilan. Dear bunda Sakit punggung selama kehamilan bukanlah hal yang mengherankan karena ini merupakan keluhan yang biasa terjadi. Ketika sedang hamil, Bunda akan mengalami kenaikan berat badan dan hormon tubuh mengendurkan otot-otot serta ligamen di seluruh bagian tubuh. Namun tidak perlu khawatir karena umumnya, sakit punggung selama kehamilan ini bisa dicegah bahkan diobati. Bunda bisa mempertimbangkan cara mengatasi sakit punggung selama kehamilan berikut untuk menyembuhkan sakit punggung.

Baca : Apa Saja Ciri-ciri kehamilan Muda

Cara Mengatasi Sakit Punggung Selama Kehamilan

1. Berlatih sikap tubuh yang baik

Mengingat bahwa bayi yang dikandung akan terus berkembang setiap harinya, gravitasi tubuh bunda akan berpindah ke depan. Untuk mencegah jatuh karena beban ini, Bunda bisa mencari sandaran untuk punggung. Berikut prinsip-prinsip sikap tubuh yang baik:

  1. Berdiri dengan posisi tegak.
  2. Tarik dagu Anda tinggi-tinggi.
  3. Pastikan pundak bersandar ke belakang dan rileks.
  4. Jangan mengatupkan lutut .

Ketika Bunda berdiri, tentukan posisi berdiri yang paling nyaman. Ketika harus berdiri untuk waktu yang lama, istirahatkan salah satu kaki di bangku kecil yang rendah – dan istirahatlah untuk beberapa saat.

Sikap tubuh yang baik berarti juga duduk dengan kehati-hatian. Pilih kursi yang dapat menyokong punggung bunda, atau tempatkan sebuah bantal kecil di belakang punggung bawah . Jaga punggung atas dan leher Anda dalam kondisi lurus yang nyaman. Bunda bisa mempertimbangkan untuk menyangga kaki pada bangku yang rendah.

Baca : Bahaya Gondongan pada Ibu Hamil

2. Gunakan pakaian yang tepat

Gunakan sepatu dengan hak rendah yang didukung lengkungan yang baik. Gunakan celana khusus dan juga baju untuk ibu hamil dengan ikat pinggang yang rendah dan sportif. juga menggunakan sabuk yang dikhususkan untuk ibu hamil. Meskipun riset mengenai efektivitas sabuk tersebut terbatas, beberapa wanita hamil menyatakan bahwa penyokong tambahan tersebut sangat menolong.

Baca :  Obat Batuk Untuk Ibu Hamil Yang Aman

3. Mengangkat benda dengan posisi yang tepat

Jika hendak mengangkat benda kecil, berjongkoklah lalu angkat menggunakan kaki Bunda. Jangan menekuknya di bagian pinggang atau angkat dengan punggung. Penting pula bagi Bunda untuk tahu batas kesanggupan . Jika rasa tidak sanggup,bisa mencari bantuan.

4. Tidur menyamping

sebaiknya tidur menyamping, jangan tidur dengan punggung ya bunda. Pastikan salah satu atau kedua lutut tertekuk. Menempatkan satu bantal diantara lutut atau bagian tubuh lain di bawah perut juga dapat membantu posisi tidur , atau gunakan bantal yag seukuran tubuh.

Baca :  Cermat Belanja Perlengkapan Bayi

5. Cobalah sesuatu yang panas, dingin, atau pijat

Gunakan bantalan panas untuk memberikan kehangatan di punggung Bunda, atau ganti kotak es bunda dengan sesuatu yang panas. Menggosok punggung juga dapat membantu. Namun alangkah lebih baik jika Bunda meminta orang lain yang menggosok punggung bunda atau bisa menjadwalkan untuk pijat sebelum melahirkan.

6. Libatkan kegiatan fisik dalam rutinitas sehari-hari

Aktivitas fisik yang reguler dan menjaga punggung tetap kuat dan bisa menyembuhkan sakit punggung selama kehamilan. Dengan persetujuan dari dokter, coba lakukan aktivitas yang ringan atau olahraga kehamilan– seperti berjalan atau berenang.

Baca : Diet untuk Ibu Hamil dengan Diabetes

Bunda juga bisa merenggangkan punggung bawah. Istirahatkan tangan dan lutut dengan kepala sejajar dengan punggung. Tarik perut, putar punggung perlahan-lahan. Tahan beberapa detik, kemudian rilekskan perut dan punggung Bunda – pastikan punggung agar tetap sedatar mungkin. Ulangi berturut-turut sebanyak 10 kali. Tanyakanlah pada dokter tentang olahraga peregangan.

7. Pertimbangkan terapi-terapi pelengkap

Hasil dari beberapa riset menyarankan bahwa akupuntur dapat membantu menghilangkan sakit punggung selama kehamilan. Pengobatan chicopractic dapat menyediakan kenyamanan bagi beberapa wanita. Jika Bunda mempertimbangkan terapi-terapi pelengkap, diskusikan pilihan-pilihan yang tersedia terlebih dahulu dengan dokter karena sakit punggung yang bunda derita bisa saja disebabkan oleh faktor lain.

Baca :  Penyakit Komplikasi Pada Kehamilan

Mengetahui kapan waktu untuk berkonsultasi

Meskipun hal yang biasa, sakit punggung selama kehamilan bukanlah sesuatu yang bisa diabaikan. Konsultasikan dengan dokter jika sakit punggung tidak berkurang setelah mencoba cara-cara di atas. Pemberian obat seperti acetaminophen (Tylenol, dll) mungkin tidak terlalu diperlukan, namun yang penting, periksakan kondisi anda terlebih dahulu padanya.

Selain itu, Bunda harus tahu bahwa sakit punggung bisa menjadi pertanda sebelum melahirkan – dan sakit punggung yang hebat atau sakit punggung yang disertai pendarahan vagina dapat mengindikasikan adanya masalah pokok yang membutuhkan perhatian yang cepat, segera hubungi dokter.

Baca : Apa Saja Tanda Tanda Bayi Akan Lahir?

Semoga uraian Cara Mengatasi Sakit Punggung Selama Kehamilan ini bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here