Cara Mengobati Penyakit Asma Secara Alami

0
227
Cara Mengobati Penyakit Asma Secara Alami

Cara Mengobati Penyakit Asma Secara Alami. Para pengidap asma memang hidupnya cukup menderita dan tersiksa saat asmanya kambuh. Hal ini karena mereka sulit bernapas. Ya, asma merupakan jenis gangguan kesehatan yang menyebabkan penderitanya sulit untuk bernapas atau dalam dunia kedokteran disebut dengan penyempitan pada saluran pernapasan.

Lalu, apa penyebab penyakit asma ini? Penyebab penyakit asma adalah pola hidup tak sehat seperti lingkungan yang tidak sehat dan makanan yang dikonsumsi. Pertanyaan selanjutnya yang muncul adalah bagaimana solusi mengatasi asma, termasuk cara untuk menghangatkan tubuh penderita asma?

Baca juga :Minum Paracetamol Saat Hamil Menyebabkan Asma Pada Bayi?

Cara Mengobati Penyakit Asma Secara Alami

Selain melakukan pengobatan secara medis, penyakit asma pun bisa diobati dengan cara alami. Nah, artikel ini akan mengajak para pembaca, khususnya pengidap asma, untuk memanfaatkan tanaman herbal yang bebas dari efek samping dalam mengatasi asma. Apa saja tanaman-tanaman herbal tersebut?

1. Jahe Merah dan Madu Asli

Jahe Merah dan Madu Asli
Jahe Merah dan Madu Asli Untuk mengobati Asma

Para penderita asma memang tak jarang mengalami serangan asma secara mendadak seperti sesak napas sehingga berdampak nyeri di dada. Hal ini tentu sangat menganggu aktivitas dan produktivitas penderita asma. Oleh sebab itulah, biasanya mereka selalu membawa portable nebulizer, semprotan pereda asma.

Lalu, obat apa lagi yang bisa meredakan asma? Tak ada salahnya jika Anda mencoba cara mengobati penyakit Asma dengan menggunakan jahe merah dan madu asli. Kedua obat herbal dan alami ini sudah terbukti sangat ampuh meredakan asma. Bahkan, mampu meminimalisir serangan asma mendadak.

Apa manfaat jahe merah dan madu asli bagi penderita asma? Jahe merah berkhasiat menjaga fungsi saluran pernapasan, sehingga bisa menyerap oksigen secara maksimal sekaligus membuat paru-paru menjadi jauh lebih sehat. Selain itu, khasiat lainnya adalah bisa menghilangkan peradangan dan lendir di saluran pernapasan.

Bagaimana dengan khasiat madu asli? Madu yang asli mengandung banyak mineral penting bagi kesehatan, pernapasan, dan juga paru-paru. Efeknya adalah mampu menghambat kerja dari enzim lipoksigenase, sebuah enzim yang bisa memicu rusaknya saluran pernapasan dan termasuk penyebab penyakit asma. Madu asli pun dipercaya sejak lama untuk membersihkan sekaligus menjaga sistem pernapasan dari serangan lendir.

Baca : Manfaat dan Khasiat Jahe Merah

Bagaimana cara mengolah jahe merah dan madu asli menjadi obat herbal penyakit asma? Bahan-bahan yang diperlukan adalah sebagai berikut.

  1. tiga ruas jahe merah
  2. tiga sendok makan madu asli
  3. 400 cc air

Cara membuatnya adalah sebagai berikut.

  1. Rebuslah jahe merah yang sudah diparut sampai halus dengan air hingga mendidih. Setelah itu, angkat lalu diamkan sebentar.
  2. Jika sudah sehangat kuku, saringlah air rebusan tadi, tambahkan madu asli, dan aduk hingga rata.
  3. Minumlah satu gelas secara rutin setiap hari selama kurang lebih satu bulan dan rasakan khasiatnya.

Dengan meminum segelas air rebusan jahe merah dicampur madu asli secara rutin setiap hari selama sebulan, Insya Allah risiko asma kambuh bagi penderitanya bisa diminimalisir.

2. Bawang Putih

manfaat Bawang putih

Selain madu dan jahe merah, tanaman yang bisa membantu mengobati asma adalah bawang putih. Adapun Cara Mengobati Penyakit Asma dengan bawang putih sebagai obat herbal asma adalah sebagai berikut.

  1. Siapkan tiga suing bawang putih.
  2. Siapkan sesendok makan madu.
  3. Siapkan pula secukupnya gula batu.

Setelah bahan-bahannya siap, langkah awal pembuatannya adalah dengan menumbuk bawang putih hingga halus. Lalu, campurkan bahan lainnya seperti madu dan gula batu sampai rata. Setelah itu, peras kemudian saring ramuan tersebut. Ramuan pun siap diminum dan minumlah setiap pagi sampai penyakit asma pergi.

3. Kemukus

Tanaman Kemukus

Kemukus adalah tanaman obat yang dikenal mengandung kandungan saponin, flanovoida, dan minyak astiri, di dalamnya. Tanaman ini dipercaya mampu menghadang dan mengobati sesak napas karena asma. Selain itu, berkhasiat pula menghangatkan tubuh dan juga melenyapkan bau mulut.

Adapun cara mengolah tanaman kemukus menjadi obat herbal sesak napas adalah menyiapkan 15 gram serbuk biji kemukus dan larutkan ke dalam segelas air panas. Setelah dingin, cepat saring, tambahkan sesendok makan madu asli, dan ramuan pun siap diminum. Minumlah sebanyak 2 kali sehari, pagi dan sore.

4. Senggugu

manfaat tanaman senggugu

Bunga senggugu adalah tanaman obat yang biasanya dimanfaatkan untuk mengeluarkan lendir di tenggorokan dan menjernihkan suara. Sementara itu, cara meramu tanaman senggugu menjadi obat herbal asma adalah dengan menumbuk kulit pohon senggugu, kemudian seduh dengan air, dan minum airnya.

5. Kapulaga

Manfaat tanaman kapulaga

Tanaman kapulaga mengandung minyak astiri yang bermanfaat mengencerkan dahak, menghangatkan, membersihkan darah, mempermudah mengeluarkan angin dari dalam perut, dan juga menghilangkan rasa sakit. Minyak astiri ini di dalamnya terkandung zat, salah satunya zat borneol dengan bau kamper yang sangat ampuh melegakan saluran pernapasan akibat dahak. Inilah alasan kenapa kapulaga diyakini mampu meringankan asma.

Nah, itulah beraneka ragam cara mengobati penyakit asma secara alami dengan obat herbal. Semua tanaman obat herbal tersebut tentu mudah didapat, bukan? Bagi Anda pengindap asma, silakan coba buat ramuan-ramuan tadi untuk mengobati penyakit asma yang diderita. Semoga lekas sembuh!

BAGIKAN
Blog Health Happiness and Hope ini dibuat untuk sharing berbagai tips kesehatan, kehidupan yang penuh harapan.. kami memberikan tips-tips sederhana agar bisa berbagi dengan teman-teman, semoga ini bermanfaat bagi kita semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here