Ciri-ciri dan Tanda Gejala Kanker Payudara

0
149
Kenali Ciri-ciri dan Gejala Kanker Payudara

Ciri-ciri dan Tanda Gejala Kanker Payudara. Payudara adalah kelenjar yang terletak di bawah kulit dan di atas otot dada, payudara dewasa beratnya kira-kira sekitar 200 gram yang kiri biasanya lebih berat dibandingkan dengan yang sebelah kanan. Pada waktu masa hamil, payudara akan membesar dan mencapai sekitar 600 gram dan pada ibu menyusui akan mencapai sekitar 800 gram.

Perlu diketahui kanker payudara adalah kanker yang berasal dari kelenjar, saluran kelenjar, dan jaringan penunjang payudara. Kanker payudara terjadi karena sejumlah sel yang ada di payudara berkembang secara tidak terkendali. Perlu anda ketahui ketahui terdapat 4 tingkatan atau level pada penyakit kanker payudara.

Saat ini masih belum ada data statistik di Indonesia mengenai kanker payudara, namun dalam statistik pencarian akan semua kanker payudara di media internet dan statistik pencarian payudara di Internet adalah paling tinggi dibandingkan dengan kanker otak atau kanker lainnnya. Hal ini menunjukkan bahwa tidak sedikit orang yang mengalami kanker payudara.

Akan di ulas dalam artikel ini mengenai gejala awal hingga gejala akhir mengenai kanker payudara, meliputi ciri-ciri dan gejala kanker payudara dari stadium 1 hingga kanker payudara stadium 4. Kanker payudara dapat di diagnosis pada stadium yang berbeda-beda. Apakah kanker payudara dapat sembuh ? Kanker payudara di stadium awal kemungkinan besar untuk sembuh dari penyakit kanker. Terdapat 4 Tingkatan Stadium Kanker Payudara :

Kenali Ciri-ciri dan Gejala Kanker Payudara

Berikut ini adalah Ciri-ciri atau tanda dari stadium 1 hingga stadium 4 Gejala Kanker Payudara.

Gejala Kanker Payudara Stadium 1 (Stadium Awal / Dini)

Ciri-ciri stadium awal kanker payudara ditandai dengan besarnya tumor pada kanker tidak melebihi dari 2-2,25 cm, dan tidak terdapat penyebaran (metastasis) pada kelenjar getah bening pada ketiak. Pada stadium ini kemungkinan untuk sembuh adalah sekitar 75%. Pemeriksaan ada atau tidaknya metastatis ke bagian tubuh yang lain harus di cek di rumah sakit. Secara umum dari gejala kanker payudara adalah.

  1. Munculnya Benjolan Sekitar Pada Payudara – Gejala Kanker payudara yang mudah dikenali munculnya benjolan pada payudara secara tidak teratur dan dapat anda periksa dengan tangan anda sendiri. Benjolan ini tidak membuat sakit namun membuat payudara anda disebelah tinggi tidak teratur.
  2. Munculnya Benjolan di Sekitar Ketiak
  3. Perubahan Ukuran payudara dan Bentuk payudara – Ukuran payudara menjadi aneh dan tidak wajar, biasanya fase ini menjadi lebih parah
  4. Keluarnya Nanah pada payudara – Gejalanya ini munculnya Cairan berwarna kuning ke hijau-hijauan
  5. Kulit disekitar Payudara tampak bersisik – Gejala ini disertai perubahan warna kulit (biasanya warna merah)dan tekstur di sekitar payudara menjadi seperti sisik atau kasar
  6. Puting tampak ke dalam dan menimbulkan efek gatal
  7. Nyeri dan bengkak pada payudara

Baca juga : Cara Deteksi Dini Kanker Payudara

Gejala Kanker Payudara Stadium 2 (30-40%)

Gejala dan ciri-ciri pada kanker stadium 2 ditandai dengan tumor sudah melebihi 2-2,5 cm dan sudah terjadi metastatis pada kelenjar getah bening pada ketiak. Kemungkinan dapat sembuh pada stadium 2 hanya sekitar 30-40% tergantung luas dan penyebaran sel kanker.

Tindakan operasi biasanya dilakukan pada stadium 1 dan stadium 2 untuk mengangkat sel-sel kanker yang ada pada bagian penyebaran kanker dan biasanya setelah operasi dilakukan penyinaran (pengecekan) untuk memastikan terdapatnya atau tidaknya sel kanker pada bagian tersebut.

Gejala Kanker Payudara Stadium 3 (1-3%)

Gejala ini ditandai dengan tumor yang sudah cukup besar yaitu antara 3-5 cm, sel kanker menyebar ke seluruh tubuh dan kemungkinan sedikit presentase untuk berhasil sembuh. Biasanya pengobatan pada kanker payudara stadium 3 dengan dilakukan penyinaran dan kemoterapi (pemberian obat untuk membunuh sel-sel kanker). Kemungkinan akan dilakukan operasi untuk mengangkat bagian payudara yang parah juga terdapat benjolan sudah menonjol ke permukaan kulit dan dapat pecah/berdarah.

Gejala Kanker Payudara Stadium 4

Stadium 4 gejala terakhir dan paling parah pada kanker payudara, bisa dipastikan tumor ini berukuran di atas 5 cm dan sel kanker sudah menyebar di seluruh organ tubuh penderita kanker. Pengobatan penyakit kanker stadium 4 sudah tidak ada. Biasanya pengobatan dilakukan dengan terapi hormonal tapi dengan syarat Estrogen Reseptor atau Progesteron Reseptor positif.

Faktor-Faktor Penyebab Kanker Payudara

Sebenarnya penyebab kanker payudara tidak diketahui secara pasti namun terdapat beberapa faktor genetik, hormon dan lingkungan yang mungkin bisa menyebabkan kanker payudara.

Faktor Genetik pada Kanker Payudara

Kejadian faktor kanker payudara akibat kelainan genetik sebesar 5-10%. Untuk mengetahuinya anda dapat mengumpulkan riwayat kesehatan keluarga yang terkena kanker payudara dan memetakannya dalam bentuk silsilah.

Riwayat keluarga yang perlu diketahui ialah ibu atau saudara perempuan yang terkena umur dibawah 50 tahun atau keponakan dengan jumlah lebih dari dua.

Faktor Hormon pada Kanker Payudara

Perlu diketahui hormon Estrogen adalah horman yang berperan sebagai proses pertumbuhan organ seksual perempuan. Penyebab awal kanker disebabkan oleh adanya reseptor estrogen pada sel-sel epitel saluran kelenjar susu. Hormon yang menempel pada saluran tersebut lambat laun akan mengubah sel-sel epitel menjadi kanker payudara.

Penggunaan KB hormonal seperti pil, suntik dan susuk yang mengamdung banyak dosis estrogen meningkatkan risiko penyebab kanker payudara.

Faktor Lingkungan pada Kanker Payudara

Terkena paparan radiasi dari bahan-bahan radioaktif, sinar X dan pencemaran yang mengandung bahan kimir bisa meningkatkan risiko kanker payudara apabila radiasi terjadi sebelum umur 40 tahun.

Baca juga : Resep Obat Alami Kanker Payudara Yang Ampuh

Dari artikel Ciri-ciri dan tanda gejala kanker payudara di atas Anda dapat mengetahui berbagai yang menjadi gejala kanker payudara dari stadium awal hingga stadium 4. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here