Daftar Makanan Berkolesterol Tinggi

0
108
Daftar Makanan Berkolesterol Tinggi

Daftar Makanan Berkolesterol Tinggi. Gaya hidup yang tidak sehat bisa menyebabkan munculnya penyakit-penyakit yang bisa mengancam seseorang. Karena gaya hidup yang tidak sehat maka seseorang rentan terkena penyakit. Tidak peduli orang tua maupun muda,

Saat ini ada banyak sekali makanan cepat saji, makanan berlemak tinggi, yang tersedia dimana-mana. Padahal makanan yang seperti ini sangat rentan mengandung kolesterol tinggi yang dapat bisa berakibat fatal,  seperti penyakit jantung, diabetes, kanker dan lain sebagainya.

Baca : Gejala Penyebab dan Pengobatan Jantung Koroner

Jumlah kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh sudah pasti dapat menimbulkan berbagai gejala penyakit yang berbahaya bagi tubuh kita. Penerapan pola hidup sehat akan sangat membantu menstabilkan kadar kolesterol sehingga tidak terlalu berlebihan.

Pengaturan pola makan serta asupan makanan yang dikonsumsi merupakan bagian dari menjalankan pola hidup sehat tersebut. Jika kadar kolesterol kita sudah tinggi, maka kita harus menghindari jenis-jenis makanan yang bisa memicu naiknya kadar kolesterol.

LDL (Low Density Lipoprotein) merupakan kolesterol jahat yang harus kita perangi. Jika tidak, penimbunan kolesterol jahat berpotensi memicu penyumbatan dan memblokir aliran darah menuju otak. Biang keladi penyakit jantung dan stroke.

Batas tertinggi asupan kolesterol pada orang normal adalah sebanyak 300 mg per hari. Namun, bagi mereka yang telah didiagnosis menderita kolesterol tinggi, hanya boleh maksimal 200 mg per hari.

Untuk mengurangi kandungan lemak jenuh dalam tubuh, kurangilah makanan yang digoreng dan usahakan untuk menggunakan cara mengukus atau merebus dalam mengolah makanan.

Begitu juga dengan makanan. Makanan sehat apapun bila dikonsumsi terlalu berlebihan juga malah akan membuat metabolisme tubuh menjadi tidak seimbang. Jadi intinya hanya kita harus bisa melakukan kontrol diri atas apa yang akan kita konsumsi untuk menghindari dampak negatif dari makanan itu sendiri.

Daftar Makanan Berkolesterol Tinggi

Berikut ini adalah daftar-daftar makanan berkolesterol tinggi yang harus dihindari:

1. Telur (unggas)

Kandungan tertinggi kolesterol ada pada bagian kuning telurnya yaitu sekitar 213 mg kolesterol. Sementara putih telor masuk kategori bebas kolesterol. Sedangkan kandungan kolesterol pada telur puyuh mencapai 364 mg atau yang tertinggi bila dibandingkan dengan jenis makanan yang lain.

2. Gorengan

Biasanya gorengan dimasak menggunakan minyak yang sudah dipakai berkali-kali.

3. Daging

Daging sapi, kambing, ayam mengandung lemak yang tinggi. Terlalu banyak mengkonsumsi daging merah dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.

4. Muffin

Telur, margarin dan gula dalam komposisi pembuat mufin yang membuatnya tinggi kolesterol.

5. Makanan laut

Yang masuk kategori tinggi kolesterol jahat di antaranya cumi-cumi, lobster, udang, kepiting, dan kerang. Misalnya cumi-cumi yang mengandung kolesterol sebesr 200 mg per 100 gram.

6. Ayam goreng

Kulit ayam yang digoreng dengan minyak menjadikan ayam goreng memiliki tingkat kolesterol cukup tinggi.

7. Hati sapi

Apalagi yang dalam pengolahannya mempergunakan banyak santan. 3 ons hati sapi mengandung 331 mg kolesterol.

8. Daging olahan

Misalnya kornet, nugget, sosis dan lain-lain Daging olahan mengandung lemak jenuh dan bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Apalagi makanan kemasan kaleng yang biasanya diberi pengawet.

9. Otak Sapi

Bagi penggemar makanan jeroan, otak sapi mungkin salah satu bagian paling nikmat. Teksturnya yang lembut dengan rasa gurih memang menagih. Tapi pernahkah Anda berpikir mengenai dampak buruknya jika melihat kandungan kolesterol otak sapi mencapai 200 mg per 100 gram.

10. Snack

Makanan olahan pabrikan yang mengandung lemak trans, misalnya kripik kentang, kukis, dan krakers.

Daftar makanan berkolesterol tinggi lainnya adalah:

Dendeng, Durian, Keju, Santan, Coklat, Kelapa dan produk turunannya (santan), Aneka jerohan, Es krim
Aneka cream yang terbuat dari bahan hewani, Mentega, Makanan olahan yang mengandung garam cukup tinggi
Makaroni keju, Alpukat, Junk food atau fast food.

BAGIKAN
Blog Health Happiness and Hope ini dibuat untuk sharing berbagai tips kesehatan, kehidupan yang penuh harapan.. kami memberikan tips-tips sederhana agar bisa berbagi dengan teman-teman, semoga ini bermanfaat bagi kita semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here