Diet untuk Ibu Hamil dengan Diabetes

0
525
Diet untuk Ibu Hamil dengan Diabetes

Diet untuk ibu hamil dengan diabetes merupakan salah satu dari berbagai bentuk penanganan yang harus diberikan pada ibu hamil yang mengalami diabetes pada kehamilan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pada kondisi ibu hamil yang mengalami diabetes, terjadi peningkatan gula darah yang melebihi ambang batas normal. Peningkatan gula darah yang tak terkontrol akan menyebabkan beragam konsekuensi medis baik bagi ibu dan bayinya, misalnya syok yang bahkan dapat mengakibatkan kematian. Oleh karena itu, tujuan pemberian dan pengaturan diet untuk ibu hamil dengan diabetes adalah untuk mengontrol kadar gula darah ibu hamil dari aspek makanan tersebut, sehingga resiko komplikasi penyakit ini dapat diminimalisir.

Baca juga :  Sayur Bendi, Makanan Penderita Diabetes

Diet untuk Ibu Hamil dengan Diabetes

Dalam pemberian makanan untuk ibu hamil dengan diabetes, beberapa prinsip diet untuk ibu hamil dengan diabetes harus menjadi perhatian, Ibu hamil, biasanya membutuhkan tambahan energi hingga 300-400 kkal dari kebutuhan normalnya. Sedangkan pada penderita diabetes, pemberian total energi dalam makanannya harus dibatasi. Berbeda dengan penanganan pada penderita diabetes biasa, prinsip pemberian diet untuk ibu hamil dengan diabetes mengikuti prinsip pemberian energi ibu hamil pada umumnya. Sedangkan prinsip pemberian diet pada kehamilan diabetes diantaranya:

  1. Pada ibu hamil yang menderita diabetes, terjadi gangguan metabolisme karbohidrat. Konsumsi karbohidrat didapatkan dari makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti padi-padian, roti, kacang, biji-bijian, umbi-umbian.
  2. Hindari makanan atau minuman yang manis seperti kue, sirup, minuman bersoda atau minuman ringan, dan minuman manis, maupun jus buah yang ditambah gula. Penambahan gula maupun madu pada minuman sama sekali harus dihindari.
  3. Batasi makan makanan yang mengandung tepung-tepungan.
  4. Batasi asupan lemak, bila anda mengkonsumsi makanan hewani, pilihlah yang mengandung protein tinggi namun rendah lemak, misalnya daging ayam tanpa kulit dan lemak, ikan, tahu, putih telur, susu rendah lemak, dan lain-lain.
  5. Hindari makan makanan yang digoreng.
  6. Perbanyak sayur dan buah sebagai sumber serat yang akan membantu menurunkan kadar gula darah dengan mengikat glukosa di usus sehingga tidak terserap tubuh.

Selain pengaturan diet untuk ibu hamil dengan diabetes diatas, ibu juga sebaiknya memilih untuk melakukan aktivitas fisik yang aman saat kehamilan, untuk meningkatkan penyerapan glukosa ke sel. Hubungi dokter ataupun ahli gizi untuk informasi lebih lanjut mengenai penanganan atau obat diabetes pada kehamilan.

Baca :  Cara Mengolah Buncis Untuk Diabetes

BAGIKAN
Blog Health Happiness and Hope ini dibuat untuk sharing berbagai tips kesehatan, kehidupan yang penuh harapan.. kami memberikan tips-tips sederhana agar bisa berbagi dengan teman-teman, semoga ini bermanfaat bagi kita semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here