Gejala dan Penyebab Penyakit Lupus

0
64
Gejala dan Penyebab Penyakit Lupus

Gejala dan Penyebab Penyakit Lupus, Lupus merupakan salah satu penyakit yang mematikan bagi manusia. Keganasan penyakit Lupus hampir setara dengan kanker. Bahkan penderita penyakit Lupus di dunia hingga mencapai 5 juta orang lebih.

Gejala dan Penyebab Penyakit Lupus

Gejala dan Penyebab Penyakit Lupus

Nama penyakit Lupus berasal dari bahasa latin yang artinya anjing hutan. Nama ilmiah dari penyakit Lupus adalah Lupus Eritomatosus Sistemik. Gejala awal dari penyakit Lupus sering salah diartikan sebagai penyakit kulit. Memang gejala awal dari penyakit Lupus adalah kemerahan di sekitar pipi dan hidung dan bercak-bercak merah yang berada di lengan dan wajah. Kemudian tubuh akan merasa panas dan rasa kelelahan yang luar biasa dan berkelanjutan.

Rambut akan mudah rontok, dan sendi-sendi yang mengalami pembengkakan serta timbul sariawan. Meskipun gejala awalnya menyerang kulit, penyakit Lupus dapat menyerang hampir semuar organ tubuh manusia. Gejala penyakit Lupus sering disebut dengan istilah Eritomatosus atau kemerah-merahan karena pada awal gejalanya menyebabkan warna kulit menjadi merah.

Kemudian dari nama ilmiah penyakit Lupus ditambah dengan istilah sistemik karena dapat menyebar luas hampir ke semua organ tubuh. Kemudian ada beberapa gejala penyakit lupus secara umum sering dijumpai adalah :

  • Kulit menjadi sensitif dengan matahari. Apabila terkena langsung dari paparan matahari kulit dengan mudah dapat menjadi gosong dan menmbulkan gangguan pencernaan.
  • Pada masa aktif, rasa pegal, lelah, dan lemah akan terasa sangat berlebihan disertai dengan demam. Namum pada masa nonaktif, gejala ini akan menghilang dengan sendirinya.
  • Kemudian munculnya ruam merah di pipi yang dikenal dengan istilah butterfly rush. Namun ruam merah ini bisa muncul di semua daerah kulit tubuh.
  • Penyakit Lupus bisa menghancurkan sel darah merah sehingga menyebabkan Anemia.

Timbulnya penyakit dapat disebabkan oleh kepekaan tubuh dan infeksi terhadap pemakaian obat, paparan sinar matahari, penggunaan obat KB dan stres. Dalam penyakit Lupus, antibodi yang seharusnya menjaga tubuh dari penyakit justru menyerang organ tubuh yang sehat. Penyakit Lupus diduga karena sitem imun tubuh yang berlebih. Penyakit ini dapat menyerang wanita atau pria, namun myoritas penderitanya adalah wanita. Para dokter menyebutkan bahwa kesembuhan total dari penyakit Lupus sangat sulit, hal terbaik yang bisa dilakukan adalah penyembuhan sementara dan pencegahan.

SHARE
Blog Health Happiness and Hope ini dibuat untuk sharing berbagai tips kesehatan, kehidupan yang penuh harapan.. kami memberikan tips-tips sederhana agar bisa berbagi dengan teman-teman, semoga ini bermanfaat bagi kita semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here