Inilah Manfaat Bayam Bila Anda Konsumsi

0
75
Inilah Manfaat Bayam Bila Anda Konsumsi

Inilah Manfaat Bayam Bila Anda Konsumsi. Bayam, mungkin bagi bayak orang sayuran ini dipandang sebelah mata. Bukan makanan istimewa dan tidak mengisi meja makan saat hari spesial datang. Walaupun demikian banyak ibu rumah tangga yang selalu menyediakan masakan berbasis bayam bagi keluarga mereka, harga yang murah serta mudahnya memasak bayam membuat ibu-ibu memilih sayur ini sebagai bagian dari hidangan masakan mereka.

Baca juga : Manfaat Tumbuhan Kitolod Sebagai Obat Mata

Ceritanya ini bayam adalah salah satu jenis tanaman yang berasal dari Persia dan mulai menyebar ke seluruh dunia dari abad ke-8 dimana dikirim melalui jalur Nepal-Cina.

Bayam kaya akan vitamin A, C, B2, B6, B1, E ddan K selain itu terdapat pula asam folat, magnesium besi, kalsium, kalium, triptofan, protein dan omega 3.

Manfaat Bayam bagi Kesehatan

Saking bermanfaatnya bayam ini maka dalam film anak-anak Popeye bayam digunakan untuk pencitraan agar seseorang bisa menjadi kuat dan sehat. Inilah beberapa manfaat bayam yang dapat berguna bagi kesehatan kita.

1. Manfaat untuk mengatasi Kanker

Kandungan flavonoid yang terdapat dalam bayam memiliki sifat anti kanker yang mampu menurunkan risiko kanker dan mencegah perkembangan sel kanker hingga 34%. Adapun jenis kanker yang dapat di hambat dengan mengkonsumsi bayam adalah jenis kanker seperti kanker payudara, kanker prostat, kanker kulit, kanker rahim dan beberapa jenis kanker lainnya.

Baca juga :  Ciri-ciri dan Tanda Gejala Kanker Payudara

2. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan karotenoid dan juga vitamin A yang terdapat dalam bayam dapat membantu menjaga kejernihan pandangan mata. Khasiat kandungan karotenoid dalam bayam lainnya adalah mencegah terjadinya katarak pada mata dan degenerasi makula mata.

Baca juga :  Manfaat Tumbuhan Kitolod Sebagai Obat Mata

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Selain bermanfaat bagi mata, manfaat lainnya dari vitamin A adalah sebagai salah satu komponen penghasil limfosit, atau sel darah putih. Sel darah putih berperan dalam memerangi infeksi atau penyakit yang menyerang tubuh kita. Dengan demikian, tubuh akan terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Baca juga :  Mensyukuri Demam Batuk dan Diare

4. Memenuhi Kebutuhan Vitamin K

Kandungan vitamin K yang tinggi dalam bayam bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Vitamin K sangat diperlukan tubuh untuk mencegah terjadinya pengeroposan pada tulang. Dengan sering mengkonsumsi bayam, akan membantu pemenuhan kebutuhan vitamin K dalam tubuh tercukupi, sehingga kesehatan tulang juga dapat terjaga.

5. Bayam Menguatkan Tulang

Selain vitamin K yang berguna bagi tulang, jenis sayuran hijau seperti bayam, juga  mengandung mineral yang mampu menjaga tulang tetap kuat. Magnesium, seng, fosfor dan tembaga adalah beberapa elemen yang terkandung dalam mineral. Kandungan Fosfor juga berperan dalam menjaga kelenturan tulang, sehingga tulang akan menjadi lentur dan kuat.

Baca juga :  Tanaman Patah Tulang untuk Obat Kanker

6. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Manfaat bayam yang lainnya adalah dari kandungan vitamin A dan vitamin C, yang berperan dalam menjaga sistem pencernaan dari bahaya radikal bebas. Selain itu kandungan asam folat yang terkandung dalam bayam mampu mencegah terjadinya mutasi sel pada usus dan mencegah terjadinya kerusakan DNA.

Baca juga :  Penyebab Kanker Pencernaan Gastrointestinal

7. Menguatkan Usus

Tidak hanya membantu menjaga sistem pencernaan, kandungan zat besi dalam bayam juga bermanfaat dalam memperkuat usus. Usus merupakan organ yang sangat penting karena melakukan proses penyerapan sari makanan dan melakukan proses pembusukan makanan dalam usus. Oleh karena  itu, kesehatan usus sangat penting karena jika usus mengalami kerusakan, maka akan berdampak pada organ tubuh lainnya.

Baca juga :   Peran Makanan dan Gizi Bagi Pasien

8. Mencegah Terjadinya Sembelit

Bayam mempunyai kandungan serat yang tinggi yaitu sekitar 20%. Dengan sering mengkonsumsi sayur bayam yang kaya akan serat bermanfaat membantu melancarkan sistem pembuangan dan mencegah terjadinya sembelit.

9. Mengatasi Maag

Penyebab penyakit Maag adalah karena tingginya produksi asam lambung. Kandungan vitamin dan mineral dalam bayam dapat menurunkan produksi asam lambung. Oleh karena itu para penderita penyakit maag disarankan untuk mengkonsumsi bayam dan menjauhi makanan yang bersantan dan juga pedas.

Baca juga : Sakit Maag, Penyakit Lambung yang Umum Ditemukan

10. Mencegah Diabetes

Bayam juga mempunyai kandungan zat yang mampu menurunkan gula darah dalam tubuh. Oleh karena itu dengan mengkonsumsi bayam setiap hari diharapkan gula darah akan tetap stabil sehingga dapat mencegah terkena diabetes. Selain itu, kandungan megnesium dalam bayam juga membantu mencegah terjadinya komplikasi pada penderita diabetes.

Baca juga :  Penyakit Diabetes Mellitus dan Pengobatannya

11. Bersifat Anti Inflamasi

Bayam sangat disarankan bagi penderita penyakit inflamasi seperti rheumatoid arthritis dan osteoarthritis. Hal ini karena bayam memiliki sifat anti inflamasi yang sangat tinggi, sehingga dapat mengurangi rasa sakit yang diakibatkan masalah inflamasi.

12. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Bayam mempunyai kandungan kalium yang tinggi dan rendah sodium. Hal ini sangat bermanfaat dalam menyeimbangkan tekanan darah tinggi agar menjadi stabil. Tekanan darah yang tinggi akan menjadi faktor penyebab beberapa penyakit.

Baca juga :  Obat Tradisional Darah Tinggi Paling Mujarab

13. Mencegah Tekanan Darah Rendah

Selain bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, manfaat mengkonsumsi bayam juga dapat menjaga tekanan darah tetap normal. Hal ini karena kandungan zat besi dalam bayam akan tetap menjaga tekanan darah agar tidak menjadi rendah.

14. Manfaat Bayam Untuk Mencegah Anemia

Mengkonsumsi sayur bayam sangat dianjurkan bagi para penderita penyakit anemia atau kekurangan sel darah merah. Kandungan zat besi yang tinggi dalam bayam dapat membantu proses pembentukan sel darah merah yang bertugas untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Baca juga :  Kenali Penyakit Anemia atau Kekurangan Darah

15. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Ibu hamil biasanya akan mudah merasa lemas karena kekurangan darah merah. Asam folat dan zat besi dalam bayam sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan kandungannya. Asam folat dapat membantu fungsi otak jabang bayi sejak dalam kandungan. Sedangkan zat besi dalam bayam mampu membantu pembentukan sel darah merah, sehingga mencegah ibu hamil terkena anemia. Ibu hamil yang kurang asupan zat besi akan merasakan lemas, bahkan beberapa diantaranya akan mudah pingsan. Asupan nutrisi terlebih zat besi bagi ibu hamil harus selalu tercukupi.

Baca juga : Buah-buahan untuk Ibu Hamil

16. Baik Untuk Menstruasi

Mengalami menstruasi adalah hal yang terjadi secara periodik oleh setiap perempuan. Ketika mengalami menstruasi, perempuan akan membutuhkan banyak mineral, agar stamina tubuh tetap terjaga. Mineral yang diperlukaan saat seorang perempuan sedang mengalami haid, dapat diperoleh dengan mengkonsumsi bayam. Bayam juga mempunyai kandungan mineral di dalamnya yang sangat baik untuk menjaga stamina.

Baca juga : Cara Mengatasi Kram Saat Menstruasi

17. Membantu Memperlancarkan Sirkulasi Darah

Aliran sirkulasi darah dalam tubuh adalah sangat penting, aliran darah yang terhambat akan menimbulkan berbagai jenis penyakit. Kandungan asam folat dalam tanaman bayam membantu pembuluh darah menjadi lebih elastis dan memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh.

18. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan choline dan inositol yang terdapat dalam asam folat membantu menurunkan homosistein yang menjadi penyebab kardiovaskular. Dengan mengkonsumsi bayam akan membantu menurunkan dan mencegah risiko terkena serangan jantung.

Baca juga : Gejala Penyebab dan Pengobatan Jantung Koroner

19. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin A pada bayam sangatlah tinggi. Tidak hanya dapat menjaga kesehatan mata, kandungan vitamin A dalam bayam juga mampu menjaga kesehatan kulit dengan menjaga kelembapan lapisan epidermis dan mencegah terjadinya keriput pada wajah.

baca juga :  Manfaat Kulit Pisang untuk Kesehatan Tubuh

20. Menjaga Kesehatan Sistem Saraf

Vitamin K yang terdapat dalam sayuran bayam, memiliki berbagai manfaat salah satunya yakni untuk menjaga kesehatan sistem syaraf. Kandungan vitamin K berguna untuk sintesis sphingolipids atau pembentukan selubung myelin di sekitar saraf.

21. Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat bayam juga tidak hanya menjaga kesehatan sistem saraf, kandungan vitamin K dalam bayam juga sangat bermanfaat untuk kesehatan fungsi otak. Hal tersebut karena vitamin K mampu membantu menjaga dan mempertahankan serta meningkatkan daya ingat fungsi otak.

baca juga :  6 Cara Menjaga Awet Muda dan Sehat

22. Mengatasi Masalah Gusi Berdarah

Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan, salah satunya dapat mengakibatkan gusi berdarah. Vitamin C biasanya ditemukan dalam buah yang memiliki rasa yang sedikit asam. Namun, sebenarnya hal tersebut tidak selalu benar, karena dalam sayuran seperti bayam juga terdapat kandungan vitamin C di dalamnya. Sehingga, mengatasi gusi berdarah tidak hanya dapat dilakukan dengan memakan buah yang memiliki rasa yang asam, akan tetapi dapat juga dengan mengkonsumsi sayuran bayam.

23. Menjaga Kesehatan Gigi

Masalah yang sering dialami pada masalah gigi adalah sakit gigi berlubang dan pengeroposan gigi. Salah satu faktor timbulnya gigi berlubang adalah karena kekurangan kalsium. Kandungan kalsium yang terdapat dalam bayam akan membantu memperkuat gigi, dan memenuhi asupan kalsium gigi.

Baca juga : Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Paling Ampuh

24. Berfungsi Sebagai Anti-oksidan

Anti-oksidan sangatlah penting karena dapat membantu menangkal radikal bebas penyebab kanker dan berbagai masalah kesehatan lainnya. Anti-oksidan terdapat dalam beberapa jenis sayuran, salah satunya adalah bayam. Kandungan anti-oksidan dalam bayam, sama seperti dalam kandungan buah dan sayur lainnya yang sangat bermanfaat agar tubuh tidak mudah terserang penyakit.

25. Menjaga Stamina

Terlalu banyak bekerja atau melakukan banyak aktivitas dapat menyebabkan tubuh lemas dan merasa kelelahan. Mengkonsumsi bayam dapat mengembalikan stamina tubuh yang yang hilang. Hal ini disebabkan karena kandungan zat besi dalam bayam berperan dalam membantu meningkatkan produksi oksigen dalam tubuh, sehingga akan mengembalikan stamina tubuh.

Baca juga :  Cara Alami Mengobati Rematik dan Nyeri Sendi

26. Mencegah Pengapuran Pada Jaringan Tubuh

Vitamin K juga berperan dalam proses karboksilasi. Karboksilasi sendiri adalah proses pencegahan kalsium dalam pembentukan kapur dalam jaringan tubuh. Sehingga mencegah terjadinya pengapuran dalam jaringan yang dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada beberapa organ tubuh.

 

 

27. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat bayam selanjutnya adalah kandungan vitamin C di dalam daun bayam, dapat digunakan untuk mengatasi masalah wajah keriput yang disebabkab karena penuaan dini. Dengan meminum secangkir bayam sehari, masalah penuaan dini yang dialami dapat teratasi.

Baca juga :  10 Manfaat Acai Berry Bagi Kesehatan

28. Menjaga Kesehatan Sendi

Untuk menggerakkan tubuh pada setiap ujung tulang akan dipertemukan dengan sendi agar satu tulang dan tulang yang lain dapat tergabung dan dapat digerakkan. Ketika sudah mengalami usia tua, biasanya beberapa orang akan mengalami kesusahan bergerak di bagian sendi. Untuk mengatasinya, kandungan vitamin D dalam bayam mampu memberikan nutrisi pada sendi, sehingga kesehatan sendi akan tetap terjaga.

Baca juga :  Osteoporosis Bukan Penyebab Nyeri Sendi

29. Mengurangi Penumpukan Kolesterol Dalam Tubuh

Kolesterol dalam beberapa makanan seperti gorengan, dan beberapa makanan berminyak lainnya, dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan yang berbahaya, karena dapat menghambat aliran darah. Untuk mengatasi masalah kolesterol, dapat dilakukan dengan mengkonsumsi bayam. Kandungan dalam bayam mampu menetralkan kolesterol dalam tubuh.

Baca juga :  Makanan Penurun Kolesterol Terbaik

31. Meningkatkan Efisiensi Otot

Menurut penelitian yang pernah dilakukan oleh peneliti dari Karolinska Institude di Swedia. Mengkonsumsi sayuran bayam mampu meningkatkan kinerja otot. Kandungan yang terdapat di dalam bayam mampu meningkatkan efisiensi pada otot. Sehingga kinerja otot dapat bekerja dengan baik sesuai fungsinya untuk membantu gerak tubuh.

32. Baik Untuk Anak

Anak membutuhkan nutrisi yang baik untuk masa pertumbuhan. Berbagai nutrisi dalam bayam sangat baik bagi pertumbuhan anak. Kandungan dalamnya dapat membantu kekebalan dan resistensi tubuh agar anak tidak muda terserang penyakit. Anak yang sering mengkonsumsi bayam, memiliki perkembangan yang lebih baik dibandingkan anak yang tidak suka mengkonsumsi bayam pada masa kecilnya.

baca juga : Beberapa Alasan Anak Suka Berbohong

33. Mengurangi Rasa Nyeri

Ketika mengalami peradangan, seseorang akan mengalami rasa nyeri. Rasa nyeri dapat disebabkan karena berbagai hal. Bayam memiliki kandungan violaxanthin yang dapat meredakan rasa nyeri yang banyak di alami oleh beberapa orang, dengan penyebab yang berbeda-beda.

Baca juga : Berbagai Jenis Tanaman Untuk Pelancar ASI

Oh ya satu lagi ya jangan mengkonsumsi sayuran bayam yang telah dimasak lebih dari 12 jam, hal itu disebabkan kandungan mineral besi dalam bayam telah bersenyawa dengan zat lain yang menghasilkan zat yang berbahaya bagi tubuh. Tipsnya masak bayam sesuai dengan jumlah keluarga dan habiskan untuk sekali makan saja.

Yuk, borong sayur bayam ya Bunda. Semoga informasi mengenai berbagai manfaat bayam ini dapat bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here