Kenali Penyakit Gondongan Pada Anak

0
29
Kenali Penyakit Gondongan Pada Anak

Kenali Penyakit Gondongan Pada Anak, Penyakit gondongan pada anak, penyakit gondongan, obat penyakit gondongan, penyebab penyakit gondongan, kesehatan anak.

Walaupun nama penyakit ini tidak keren yaitu “Penyakit Gondongan”, tetapi merupakan suatu penyakit yang hampir setiap orang harus harus menikmatinya. Penyakit gondongan atau atau disebut pula bof atau parotis epidemica ialah suatu radang virus pada kelenjar ludah. Manusia memiliki beberapa kelenjar ludah di dalam mulut. Kelenjar terbesar adalah kelenjar ludah di ujung rahang, bawah telinga kiri dan kanan. Bagian yang paling sering terserang gondongan ialah kelenjar ludah di bawah telinga. Biasanya bila sekali terkena, maka akan kebal seumur hidup, meski ada pula yang menderita untuk yang kedua kalinya. Penyakit gondongan pada anak seringkali menyerang pada anak-anak berumur 4 – 14 tahun. Bayi baru lahir akan kebal terhadap gondongan sampai usia 7-9 bulan karena mendapatkan kekebalan dari ibunya yang pada umumnya pernah mendapatkan gondongan.

Virus gondongan sangat menular seperti virus lainnya. Virus seringkali ditularkan melalui mulut atau percikan air liur ketika bersin atau batuk, bisa juga melalui hidung.

Gejala Penyakit Gondongan

Gejala penyakit gondongan pada anak awalnya adalah nyeri di sekitar telinga. Kemudian anak akan merasa panas, tidak nafsu makan, sakit kepala, kadangkala muntah-muntah dan seluruh badan merasa sakit dan pegal. Suhu anak sekitar 380-390C, tetapi bila ada komplikasi akan menjadi 400-410C. Komplikasi terjadi biasanya akibat penanganan dan pengobatan yang salah atau tidak secara dini. Dan yang paling sering timbul ialah radang buah zakar dan kadangkala dapat pula terjadi radang selaput otak.

Pengobatan Penyakit Gondongan pada Anak

Pengobatan penyakit gondongan pada anak, anda bisa memberikan obat  pereda nyeri pada anak seperti ibuprofen atau asetaminofen. Ataupun anda bisa memberi pengobatan tradisional untuk meredakan nyeri pada anak yaitu dengan bahan 10 ranting daun belimbing wuluh dan 4 biji bawang putih ditumbuk halus, kemudian lumuri ke bagian yang sakit.

Untuk pencegahan penyakit gondongan bisa dengan imunisasi MMR ketika anak berusia 15 bulan. Selain itu gunakanlah garam yang mengandung iodium dalam memasak makanan untuk anak.

Baca juga : 5 Macam Imunisasi Wajib Pada Bayi

Dengan memperhatikan teknik pengobatan secara benar, penyakit gondongan pada anak mudah-mudahan tidak terulang kembali, dan tidak terjadi komplikasi. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here