Kenali Penyebab dan Gejala Penyakit Tipes

0
627
Kenali Penyebab dan Gejala Penyakit Tipes

Kenali Penyebab dan Gejala Penyakit Tipes. Gejala tipes saat ini menjadi informasi yang banyak di cari oleh masyarakat baik melalui media konsultasi maupun melalui internet. Hal ini disebabkan karena Penyakit tipes (Thypus Abdominalis) mungkin sudah menjadi penyakit yang umum terjadi di masyarakat Indonesia. Hampir setiap orangsudah pernah merasakan mengidap penyakit tipes.

Penyakit tipes tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja, akan tetapi juga terjadi pada anak-anak sampai pada usia balita baik itu pria maupun wanita. Penyakit tipes adalah penyakit infeksi bakteri pada usus halus dan terkadang pada aliran darah yang disebabkan oleh bakteri.

Baca : Kenali Penyakit Demam Tifoid pada Anak

Penyebab penyakit tipes

Penyebab penyakit liver pada umumnya disebabkan oleh bakteri yang bernama bakteri Salmonella Typhosa yang merupakan turunan dari Salmonella enterica. Bakteri Salmonella Typhosa masuk ke dalam tubuh manusia melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi dimana makanan tersebut sudah terkontaminasi oleh bakteri Salmonella Typhosa. Binatang seperti unggas, kucing, anjing, sapi, kuda, babi serta binatang mengerat dapat berfungsi sebagai carrier (pembawa kuman) ke tubuh manusia tanpa disadari oleh manusia itu sendiri.

Bagaimana bakteri Salmonella Typhosa bisa menyebabkan penyakit tipes? setelah bakteri tersebut masuk ke dalam tubuh manusia, bakteri tersebut kemudian masuk dan kemudian bersarang dalam usus halus yang akan menimbulkan peradangan karena lama kelamaan bakteri tersebut akan menggerogoti usus sehingga dinding usus menjadi luka bahkan ada yang sampai bolong. Selain itu bakteri Salmonela Typhos juga bisa menerobos masuk ke pembuluh darah dan getah bening, serta kemudian merajalela ke organ-organ tubuh lain seperti pembuluh darah jantung, paru-paru, empedu, hati dan tulang.

Gejala penyakit tipes

Gejala penyakit tipes pada umumnya hampir sama baik untuk pria maupun wanita. Untuk anak-anak gejala tipes bisa terjadi tanpa gejala dan langsung mengalami penyakit tipes.

Berikut ini gejala penyakit tipes yang umumnya terjadi adalah sebagai berikut :

  1. Mengalami demam yang cukup tinggi lebih dari seminggu. Pada saat siang hari tubuh terasa lebih segar akan tetapi pada saat malam hari tubuh merasakan demam yang cukup tinggi.
  2. Lidah berwarna keputihan dan terasa pahit saat mengkonsumsi makanan.
  3. Badan terasa lemah,pusing dan perut terasa sakit terus menerus.
  4. Mengalami diare, akan tetapi pada beberapa kasus ada juga yang mengalami konstipasi (sulit buang air besar).
  5. Sering merasa mual hingga sampai muntah.

Tips mengobati penyakit tipes

Cara untuk mengobati penyakit tipes hal yang paling baik adalah mencegah sebelum terjangkit penyakit. Oleh karena itu perlu dilakukan hal-hal yang baik untuk pencegahan penyakit tipes, di antaranya adalah :

Melakukan pola makan yang sehat, seperti selalu mencuci makanan sebelum di konsumsi atau di masak,menghindari makanan yang pedas dan asam, serta mengurangi jajan makanan yang kurang sehat di luar.

Segera periksa diri anda ke dokter jika mengalami gejala penyakit tipes sebelum terlambat.
Selalu menjaga kondisi kesehatan, perbanyak istirahat jika kondisi tubuh sedang drop.

Demikian sedikit informasi mengenai Kenali Penyebab dan Gejala Penyakit Tipes, semoga bermanfaat.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here