Kenali Yang Menjadi Penyebab Osteoporosis

0
154
Kenali Yang Menjadi Penyebab Osteoporosis

Kenali Yang Menjadi Penyebab Osteoporosis. Tulang merupakan penyangga utama agar manusia mampu berdiri dan berjalan seperti yang kita lakukan saat ini. Karena terlalu berharganya tulang maka setiap orang tidak menginginkan terkena osteoporosis. Supaya terhindar dari osteoporosis maka kita harus tahu dulu apa itu osteoporosis dan penyebab osteoporosis.

Osteoporosis atau juga dikenal dengan tulang keropos merupakan suatu gejala yang tidak bisa diindera dengan penglihatan normal dan kepadatan serta kualitas dari tulang menurun sehingga mengakibatkan kerapuhan pada tulang. Kondisi tulang yang rapuh memiliki resiko patah tulang yang tinggi karena tulang yang tidak lagi mampu menyokong tubuh manusia dan tidak sepadat seperti waktu awal.

Penyakit osteoporosis atau tulang keropos lebih banyak terjadi pada wanita daripada laki-laki. Meskipun demikian penyakit ini tidak berarti hanya menyerang wanita saja, tetapi semua orang bisa terserang penyakit ini bahkan anak-anak juga bisa terserang osteoporosis.

Wanita lebih rentan terkena penyakit osteoporosis dibandingkan oleh pria karena secara fisik keduanya memiliki perbedaan yang cukup jauh. Seorang pria memiliki susunan tulang yang lebih besar sehingga untuk menuju keropos berjalan dengan lambat.

Seorang pria juga tidak dipengaruhi oleh hormon apapun sehingga tidak terjadi perubahan yang terlalu cepat pada tulangnya. Hal tersebut berbeda pada seorang wanita, ketika memasuki masa menopause, seorang wanita akan kekurangan hormon estrogen. Hormon ini berfungsi untuk membawa kalsium ke dalam tulang.

Jika hormon yang berfungsi membagi kalsium sudah menurun jumlahnya tentunya tulang akan kekurangan kalsium sehingga tulang menjadi keropos. Biasanya gejala seperti ini terjadi pada wanita dengan usia di atas 50 tahun tetapi bisa juga lebih cepat terjadi. Kekurangan hormon inilah yang menyebabkan osteoporosis banyak terjadi pada lansia.

Perbedaan warna kulit juga memberikan pengaruh pada terjadinya osteoporosis terhadap seorang wanita. Seorang wanita kulit putih dan asia timur cenderung mengalami osteoporosis lebih cepat dibandingkan dengan mereka yang memiliki kulit hitam.

Penyebab Osteoporosis

Penyebab dari osteoporosis sendiri ada berbagai macam. Semuanya dikarenakan pola hidup sehat yang kurang dilakoni oleh para pelaku osteoporosis, seperti kebiasaan merokok. Beberapa penyebab osteoporosis adalah sebagai berikut.

1. Kurang Minum Air Putih

Seseorang yang memiliki kebiasaan meminum air putih lebih terjaga dari osteoporosis karena air putih dipercaya mampu mencegah terjadinya pembusukkan tulang. Jadi dengan meminum air putih yang banyak mampu menjaga tulang tetap sehat dan tubuh juga ikut sehat.

Baca juga : Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan Tubuh

2. Kurang Olahraga

Kebiasaan buruk kurang berolahraga merupakan salah satu penyebab datangnya berbagai penyakit termasuk dengan penyakit osteoporosis. Padahal ketika seseorang rajin melakukan olahraga maka tulang yang dimiliki akan terhindar dari bahaya osteoporosis.

3. Banyak Makan Garam

Terlalu banyak makan garam menyebabkan seseorang terkena penyakit osteoporosis atau pengeroposan tulang. Hal tersebut bisa terjadi karena ternyata garam mampu mengurangi jumlah kalsium yang ada di dalam tubuh. Cara yang terbaik adalah dengan tidak memakan terlalu banyak garam atau jauhi makanan yang terlalu asin.

4. Makanan Siap Saji

Makanan siap saji tidak hanya membuat seseorang terkena penyakit seperti jantung, kolesterol, dan yang lainnya tetapi juga bisa mengakibatkan osteoporosis. Kandungan lemak, sodium, dan gula yang ada pada setiap makanan cepat saji mampu membuat kepadatan tulang dalam diri seseorang menjadi berkurang. Hal ini tentunya akan memicu terjadinya keropos pada tulang atau yang dikenal sebagai osteoporosis. Oleh karena itu, hendaknya tidak terlalu sering mengkonsumsi makanan siap saji supaya tidak terserang osteoporosis secara cepat.

Baca juga : Mengkudu Untuk Mengobati Osteoporosis

Demikianlah beberapa penyebab osteoporosis yang mampu menyerang siapa saja baik pria maupun wanita bahkan anak-anak juga bisa terserang osteoporosis. Semoga dengan mengetahui penyebab dari osteoporosis tersebut mampu menghindarkan kita dari tulang keropos.

BAGIKAN
Blog Health Happiness and Hope ini dibuat untuk sharing berbagai tips kesehatan, kehidupan yang penuh harapan.. kami memberikan tips-tips sederhana agar bisa berbagi dengan teman-teman, semoga ini bermanfaat bagi kita semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here