Khasiat dan Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan

0
205
Khasiat dan Manfaat Daun Sirih

Khasiat dan manfaat daun sirih. Tanaman sirih merupakan salah satu tanaman menjalar yang berakar atau dapat menempel pada tembok/tanaman lain untuk berkembang biak. Bentuk daunnya yang berbentuk hati, halus, bersinar dan memiliki 5-7 rusuk yang timbul didasarnya. Manfaat daun sirih merah, memiliki banyak kegunaan. Dalam pengobatan tradisional daun sirih sangat penting digunakan sebagai obat anti kembung, membantu dalam pendarahan dll. Bukan hanya itu, ternyata daun sirih memiliki banyak manfaat lain diantaranya. manfaat daun sirih bagi wanita, khasiat daun sirih untuk wajah, manfaat daun sirih untuk mata, manfaat rebusan daun sirih untuk miss v, manfaat daun sirih untuk jerawat, daun sirih obat keputihan dan lainnya.

Sirih sering ditanam dihalaman atau dikebun. Dijawa tanaman ini tumbuh pada ketinggian 60-300 m dpl. Ada beberapa macam sirih, seperti daun yang berwarna hijau tua dengan ras pedas yang merangsang, daun yang berwarna kuning, daun berwarna kuning dengan tulang daun berwarna merah yang disebut dengan sirih kaki merpati, sedangkan yang ditanam khusus untuk obat adalah sirih hitam. Pada masyarakat tradisional daun sirih dikunyah bersama pinang, kapur sirih dan tembakau (kadang disertai dengan perasan jeruk nipis) yang menimbulkan sensasi ringan dan sehat. Sedangkan mengunyah daun sirih menghasilkan warna merah pada air liur.

Sifat daun sirih

Rasa sirih pedas, bersifat hangat, stimulan, astringen, dan aromatik. Berkhasiat penghenti pendarahan (hemostatis), anti radang, anti septik, anti bakteri, pereda batuk, mencegah infeksi cacing, peluruh kentut, merangsang keluarnya air liur, menghilangkan gatal dan penenang (sedatif sentral)

Kandungan Kimia Daun Sirih

Daun sirih mengandung minyak asiri 0.8-1.8% (terdiri dari chavikol, chavibethol (betel phenol), allylpyrocatechol (hydroxychavikol), allylpyrocatecol-mono dan dicetate, fenil profana, tanin distase, karvakrol, p-cymene, cineole, caryophyllene, eugenol,eugenol methylether, cadinene, estragol, terpenena, seskuiterpena, karoten, tiamin, riblofavin, asam nikotinat, vitamin C, gula, pati dan asam amino.Chivakol yang menyebabkan sirih berbau khas dan memiliki khasiat anti bakteri (daya bunuh bakteri lima kali lebih kuat dari pada penol biasa) serta imunomodulator.

Bagian yang digunakan adalah Daun, akar, buah dan minyaknya, sedangkan daun sering digunakan untuk pengobatan batuk, asmaradang saluran nafas (bronkhitis), sakit maag (gastritis), perut kembung, pegal linu, (rematism), bengkak-bengkak, menurunkan kolesterol, keputihan (lekore) lepra (kusta) bau badan dan bau mulut.

Cara pemakaian

Untuk obat yang diminum, rebus daun sirih (9-15 g) atau giling daun segar sampai halus, peras dan saring lalu minum. Sedangkan untuk pemakaian luar, cuci daun sirih segar, lalu rebus, air rebusan bisa digunakan untuk membasuh eksim, koreng, keputihan, atau digunakan untuk kumur-kumur pada pendarahan gusi dan menghentikan pendarahan setelah cabut gigi. Cara lain adalah dengan menggiling daun segar sampai halus, lalu tempelkan pada tempat yang sakit, seperti untuk mengurangi asi pada payudara yang bengkak, luka bakar, luka teriris, sakit gigi, bisul, dan kurap. Kalau dihisap, cairan daun dapat menghentikan pendarahan hidung (mimisan). Bisa juga digunakan sebagai obat tetes telinga pada radang telinga.

Manfaat daun sirih yang berguna untuk kesehatan

1. Daun sirih untuk mengobati lemah Saraf

Beberapa ahli syaraf menyatakan bahwa daun sirih dapat membantu dalam pengobatan penyakit syaraf. Daun sirih membantu untuk mengurangi rasa nyeri dan kelelahan syaraf yang dapat mengganggu penderita.

2. Daun sirih untuk mengobati sakit kepala

Di dalam daun sirih terkandung zat yang bersifat analgesik dan pendingin yang berfungsi untuk mengurangi rasa sakit kepala penderitanya.

Baca juga : Makanan Penyembuh Sakit Kepala

3. Daun sirih untuk mengobati Gangguan Pernapasan

Daun sirih dapat dijadikan salah satu obat yang digunakan dalam penyakit gangguan pernapasan pada anak-anak dan dewasa sekalipun. Cara membuat ramuan obat pernafasan dari daun sirih ialah rendam daun sirih dengan minyak yang sebelumnya telah dicuci bersih. Lalu terapkan pada bagian dada untuk meredakan batuk atau sesak nafas.

Baca juga : Penyakit Pernapasan Laringotrakeobronkitis

4. Daun sirih untuk mengobati sembelit

Kasus sembelit yang sering dialami oleh anak-anak dapat menyebabkan berbagai efek buruk untuk kesehatan mereka. Cobalah untuk membuat supositoria yang dapat dibuat dengan menggunakan tangkai daun sirih yang sebelumnya dicelupkan pada minyak jarak lalu masukkan pada bagian rectum si anak.

5. Daun sirih untuk mengobati sakit tenggorokan

Jika seseorang menderita sakit tenggorokan pastinya sangat mengganggu. Daun sirih disini mempunyai tugas yang cukup besar. Mulailah untuk mengaplikasikan daun sirih dengan menggabungkan buah berry dan madu lalu konsumsilah secara teratur sebagai obat pereda sakit tenggorokan dan batuk.

Baca : Mengatasi Radang Tenggorokan Pada Anak

6. Daun sirih untuk mengobati peradangan

Pengobatan penyakit arthritis dan orchitis dapat menggunakan daun sirih.

7. Daun sirih untuk menyembuhkan Luka

Jus daun sirih dapat digunakan dalam pengobatan luka luar. Caranya, mulailah jus daun sirih lalu ambillah ekstraknya kemudian oleskan atau letakkan pada bagian yang luka. Lalu perban bagian luka tersebut maka luka akan sembuh dalam waktu 2 hari.

8. Daun sirih untuk mengobati Bisul

Bisul merupakan salah satu penyakit kulit yang cukup membuat risih si penderita. Pengobatan bisul secara alami dapat menggunakan rempah-rempah seperti daun sirih sebagai obatnya. Caranya cuci daun sirih secukupnya, giling sampai halus, turapkan pada bisul dan sekelilingnya, lalu balut, ganti 2 kali sehari.

9. Daun sirih untuk mengobati sakit pinggang

Untu mengobati sakit pinggang, cobalah untuk membuat tapal panas yang terbuat dari daun sirih. Campurkan jus daun sirih dengan minyak kelapa lalu oleskan pada punggung yang sakit. Keadaan akan membaik di esok harinya.

10. Daun sirih untuk masalah Sekresi ASI

Bagi ibu-ibu yang sedang menyusui masalah sekresi ASI dapat ditanggulangi dengan menempelkan daun sirih yang diolesi dengan minyak pada payudara si ibu. Caranya uci daun sirih segar secukupnya lalu olesi minyak kelapa, hangatkan diatas api sampai layu, kemudian saat masih hangat tempelkan disekitar payudara yang membengkak, lakukan 3-4 kali sehari. Cara ini dapat mengurangi produksi asi yang berlebihan.

Baca : Mitos Ibu Menyusui dan Faktanya

 

11. Manfaat daun sirih untuk obat batuk

Cuci daun sirih segar (10-15 lembar), masukan kedalam panci email rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 3/4 nya, selama merebus panci harus tertutup rapat, setelah dingin minum dengan madu 3 kali sehari masing-masing 3/4 gelas.

Baca juga : Cara Alami Mengobati Batuk Berdahak

12. Bronkhitis, suara parau

Rebus daun sirih kira-kira 7 lembar, dan gula batu sebesar telur puyuh bersama 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas, setelah dingin saring, minum 3 kali sehari masing-masing 1/3 gelas.

13. Daun sirih untuk menghilangkan bau badan

Rebus daun sirih 6 lembar dengan 2 gelas air hingga menyisakan satu gelas, minum sekaligus pada pagi atau siang hari.

14. Bau mulut

Cuci daun sirih segar 2-4 lembar, lalu remas masukan kedalam gelas, seduh dengan air panas, lalu tutup rapat. Pakai untuk berkumur pada saat hangat, perhatikan kebersihan mulut dan gigi.

Baca juga : Tips Cara Menghilangkan Bau Mulut

15. Luka bakar

Cuci daun sirih segar, lalu giling halus, peras dan saring, tambahkan madu dengan jumlah yang sama sambil diaduk merata, bubuhkan pada tempat luka bakar.

15. Mimisan

Cuci daun sirih segar, terus tumbuk sampai remuk, gulung daun untuk menyumbat hidung yang berdarah, penderita sebaiknya dalam posisi berbaring.

16. Manfaat daun sirih untuk mata gatal dan merah

Cuci daun sirih muda dan segar 6 lembar, rebus dengan 1 gelas air sampai mendidih, setelah dingin mata cuci dengan air rebusan tadi dengan memakai gelas cuci mata, lakukan 3-4 kali sampai sembuh.

17. Koreng, gatal

Rebus daun sirih yang cukup tua (20 lembar) dengan 5 gelas air sampai mendidih, setelah dingin mata gunakan untuk membasuh koreng.

Baca juga : Cara Menghilangkan Gatal Gigitan Serangga

18. Gusi berdarah

Cuci daun sirih segar (4lembar) rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih, setelah dingin gunakan untuk berkumur-kumur.

Baca juga : Resep Obat Sakit Gigi Berlubang

19. Sariawan

Sediakan daun sirih yang segar 3 lembar kemudian bilas dengan air matang, lalu kunyah sampai halus lalu biarkan sebentar dalam mulut, airnya ditelan ampasnya dibuang.

Baca juga : Penyebab, Gejala kanker mulut dan Pengobatan

20. Manfaat daun sirih untuk jerawat

Tumbuk daun sirih segar (7-10 lembar) sampai halus, lalu seduh dengan air panas 2 gelas, tutup dan biarkan dingin, saring dan hasilnya basuh jerawat pada muka. Lakukan 3 kali sehari.

Baca juga : Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

21. Manfaat daun sirih untuk keputihan

Daun sirih obat keputihan caranya adalah cuci daun sirih (10 lembar), daun sambiloto ukuran sedang (15 lembar) dan daun ketepeng cina (7 lembar) rebus denganb 2.5 liter air sampai mendidih selama 15 menit. Setelah dingin gunakan untuk membasuh tempat keputihan setiap hari 3-4 kali.

Baca juga : Cara Alami Mengatasi Keputihan Pada Wanita

22. Manfaat daun sirih untuk obat sakit gigi

Carilah daun sirih yang segar, kemudian kunyah dengan menggunakan gigi yang sakit berlubang (caries) hingga rasa sakitnya menghilang.

Baca juga : Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Paling Ampuh

Meskipun rasa dari daun sirih memanglah terasa aneh, akan tetapi khasiat dan manfaat daun sirih dapat anda rasakan jika digunakan secara baik untuk mencegah penyakit maupun untuk pengobatan, Dalam pengobatan akan lebih baik hasilnya dibandingkan dengan menggunakan bahan-bahan kimiawi yang tidak baik untuk ginjal kita. Hal itu karena alami adalah pilihan yang baik untuk sekarang dan kedepannya. Mari hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang sehat pula.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here