Manfaat Alang-Alang Bagi Kesehatan Kita

0
231
Manfaat Alang-Alang Bagi Kesehatan

Manfaat Alang-Alang Bagi Kesehatan. Tanaman Alang-alang atau biasa masyarakat luas menyebut nya ilalang ialah sejenis rumput berdaun tajam yang kerap sekali mejadi gulma dilahan-lahan para petani. Ilalang (mereka biasa menyebut) juga dikenal dengan nama daerah salah satu nya adalah alalang, atau halalang. Nama ilmiah dari alang-alang sendiri yaitu Imperata cylindrica, yang ditempatkan dalam suku Panicoideae, yang dalam bahasa inggris dikenal cogongrass, bladygrass dan silver-spike. Tumbuhan ini biasanya dianggap tanaman pengganggu, namun sebenarnya manfaat alang-alang itu sangat banyak terutama untuk kesehatan manusia.

Manfaat Alang-Alang Bagi Kesehatan

1. Buang Air Kecil Bernanah

Pada bagian pertama ini anda cukup menyediakan 300 gram akar alang-alang yang segar jangan lupa anda harus mencucinya agar tetap hygenis dan bersih, sesudah itu anda potong-potong dengan ukuran sedang atau menurut selera saja. Siapkan air sebanyak 4 gelas lalu anda rebus akar alang-alang yang tadi anda siapkan dengan air tersebut. Selama anda merebus akar alang-alang tadi anda juga harus memperhatikan warna air, jika warna air sudah mulai menguning dan kira-kira air mulai berkurang angkat rebusan tadi dan taruh di gelas upayakan menjadi 2 gelas. Jika sudah ditaruh pada gelas anda tambahkan gula batu secukupnya lalu aduk hingga rata. Sesudah itu anda minum ramuan yang anda buat tadi sebanyak 3 kali dalam sehari, ingat jangan lupa air nya di saring agar tidak ada rempah-rempah yang terminum.

Baca juga : Manfaat Air Kencing Sembuhkan Penyakit Kronis

2. Buang Air Kecil Berdarah

Pada bagian kedua ini masih berhubungan dengan saluran pembuangan air kecil jika yang pertama tadi buang air kecil bernanah pada bagian ini berdarah. Mengobati penyakit ini cukup  menyediakan akar alang-alang yang segar dan bersih (dicuci) sebanyak 100 gram, lalu anda rebus dengan menambahkan air sebanyak 3 gelas dan tunggu hingga mendidih. Jika air rebusan berubah warna dan volume nya mengurang anda angkat dan tuangkan ke dalam gelas, tunggu hingga hangat lalu anda minum, sebelumnya anda harus saring air rebusan tersebut agar rempah-rempahnya tidak ikut terminum, lakukan cara ini selama 2 kali dalam sehari dan lakukan secara rutin.

3. Mimisan (Hidung Berdarah)

Manfaat akar alang-alang pada bagian ke tiga ini ternyata dapat menjadi pengganti dari daun sirih, karena biasanya orang mengobati mimisan menggunakan daun sirih. Cara mengobati mimisan dengan alang-alang cukup mudah,  dengan menyiapkan akar alang-alang yang sudah dicuci dan masih segar secukupnya. Lalu anda tumbuk akar alag-alang tersebut dan peras untuk mendapatkan sarinya berbentuk air, lalu anda tuangkan air perasan tadi ke dalam gelas hingga kurang lebih 100 cc saja, lalu langsung diminumkan kepada orang yang sedang mimisan.

Baca juga : Khasiat dan Manfaat Daun Sirih

Demikian sedikit informasi mengenai khasiat dan manfaat dari tanaman alang-alang yang selama ini kita abaikan. Semoga bermanfaat

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here