Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

0
174
Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan  Bawang putih sudah digunakan sepanjang sejarah untuk pengobatan, dan juga sebagai penyedap atau bumbu masakan. Bawang putih mengandung protein, zat besi, kalsium, kalium, seng, vitamin A, vitamin B dan vitamin C yang baik untuk kesehatan tubuh, terutama jantung.

Komponen aktif dalam bawang putih adalah senyawa sulfur yang disebut allicin. Allicin adalah senyawa yang dihasilkan ketika bawang putih di cincang, di hancurkan, di potong-potong, dan di kunyah. Allicin cukup kuat sebagai antibiotik kuat yang membantu tubuh untuk menghambat kemampuan kuman untuk tumbuh dan berkembang biak.

Manfaat bawang putih yang paling umum adalah menyehatkan jantung dan sistem kekebalan tubuh dengan sifat antioksidan dan membantu menjaga sirkulasi darah tetap normal agar kesehatan oragan vital terjamin. Dengan manfaat seperti itu, anda bisa mencampurkan masakan sehat dengan bawang putih. Dengan begitu, anda akan mendapatkan manfaat ganda.

Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Untuk lebih jelasnya, Berikut Manfaat Bawang Putih Untuk Tubuh

1. Memberikan kesehatan pada jantung

Bawang putih adalah salah satu makanan terbaik yang dapat Anda miliki untuk penyakit jantung dan menyehatkan jantung. Bawang putih dapat menurunkan kolesterol jahat, sehingga sirkulasi darah ke jantung bisa normal, dan mencegah penggumpalan darah.

Baca : Ciri Umum Gejala Awal Penyakit Jantung

2. Meredakan dan mengobati penyakit umum

Bawang putih merupakan obat yang sangat berharga untuk asma, suara serak, batuk, flu, kesulitan bernapas, dan gangguan lainnya. Kandungan sulfur yang terkandung dalam bawang putih membuatnya memiliki bau dan rasa yang khas dapat meningkatkan dan mempercepat kegiatan membran mucous di saluran pernapasan.

3. Menurunkan tekanan darah

Bawang putih dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Ini disebabkan bahwa, bawang putih mengandung senyawa allicin. Allicin juga dapat menyeimbangkan tekanan darah (tekanan darah rendah dan tekanan darah tinggi). Alicin juga berfungsi untuk mencegah kenaikan berat badan.

4. Dapat menurunkan kanker

Dengan menambah asupan bawang merah kedalam makanan atau di makan secara langsung dapat menurunkan risiko kanker dalam jumlah yang lebih besar. Organosulfide yang terkandung dalam bawang putih dapat membantu hati untuk memproses senyawa kimia beracun, termasuk senyawa kimia yang menyebabkan kanker.

baca :  Cara Mencegah kanker dengan tepat

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bawang putih mempunyai kandungan yang sebagai antioksidan yang kuat. Dengan demikian, bawang putih memiliki antivirus, dan antibakteri yang memungkinkan untuk melawan semua infeksi yang dihasilkan oleh virus maupun bakteri. Sehingga secara otomatis dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dari serangan radikal bebas.

Tambahan

Untuk mendapatkan Manfaat Bawang Putih bagi kesehatan tubuh, saya sarankan bawang putih dikunyah secara langsung. Meskipun rasa dan bau khasnya sangat peka, dengan demikian kandungan gizinya masih utuh. Bila anda ingin bawang putih dimasak, hal ini boleh dilakukan. Tetapi nilai gizi yang akan anda peroleh akan menurun akibat dari panas.

Dan jangan mengkonsumsi bawang putih secara berlebih. Ini dapat membuat saluran pencernaan terganggu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here