Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan

1
229
Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan. Buah berwana merah ini tentunya sudah tak asing lagi bagi kita, Ya benar. Apel atau dalam bahasa latin disebut Malus domestica, merupakan buah yang mudah ditemukan terutama di Indonesia.

Buah apel merupakan buah yang kebanyakan orang di pakai untuk progam diet, dan bisa juga sebagai makanan ringan yang ideal. Buah apel ini mengandung banyak vitamin dan berbagai serat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Antioksidan yang berlimpah yang ada di dalam buah apel ini dapat membantu mencegah penyakit jantung dan stroke.

Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan

Buah apel tidak hanya berguna untuk kesehatan tubuh, tetapi buah apel ini juga baik untuk kecantikan seperti mengurangi keriput pada kulit. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan

1. Manfaat buah Apel untuk mencegah Alzheimer

Manfaat Apel untuk alzheimer karena buah ini mengandung quersetin yang bermanfaat untuk melindungi sel-sel otak dari terjadinya degenerasi. Memakan kulit apel dapat memberikan efek maksimum.

2. Mencegah segala penyakit kanker

Buah apel mengandung senyawa yang dapat mencegah penyakit kanker. Hal ini karena buah apel mengandung Flavanol yang ada didalam buah apel dapat mencegah dan mengurangi resiko kanker pankreas. Senyawa Triterpenoid dapat mengurangi resiko kanker hati, dan kanker payudara. Hal ini di sebabkan bahwa, senyawa triterpenoid dapat melawan pertumbuhan sel kanker.

baca : Penyebab Kanker Pencernaan Gastrointestinal

Buah apel juga mengandung butyric acid dan phytonutrisi dalam kulit apel yang berguna untuk mencegah kanker usus besar. Jika butyric acid ini meningkat, maka akan menekan suatu zat yang mempercepat pertumbuhan sel tumor. Flavonoid dan Quercetin yang berlimpah dalam apel dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker prostat dan mengurangi resiko kanker paru-paru.

Berdasarkan riset dar Jerman, Ketika serat alami apel berada pada usus besar, serat tersebut akan memproduksi zat kimia yang dapat mencegah terbentuknya sel-sel kanker. Riset lain menunjukkan apel mengandung Procyanidins yang memicu sel-sel kanker menjadi tidak aktif atau mati.

3. Manfaat buah Apel mencegah tekanan darah tinggi.

Berdasarkan sebuah analisis mengenai makanan akhir-akhir ini, orang-orang dewasa yang memakan buah apel 37% lebih rendah terkena hipertensi.

Baca juga : Obat Tradisional Darah Tinggi Paling Mujarab

4. Membuat jantung tetap sehat

Buah apel efektif buat pencegah penyakit jantung. Buah apel kaya akan asam folat dan vitamin B. Kedua komponen inilah yang akan membantu untuk mencegah penyakit jantung. Serat dalam apel, pektin dan polifenol ini menjadi antioksidan yang baik untuk kesehatan fungsi jantung, yang berfungsi untuk mengurangi kolesterol jahat. Kolesterol inilah yang menghambat fungsi aliran darah ke jantung yang mengakibatkan penyakit jantung.

baca :  Gejala Penyebab dan Pengobatan Jantung Koroner

5. Apel dapat membantu mengurangi berat badan.

Apel banyak berisi serat dan air. Penelitian dari Washington dan Brazil telah menunjukkan bahwa orang-orang yang memakan setidaknya 3 buah apel atau buah pear sehari akan menurunkan berat badan.

Karena apel mengandung fruktosa yang memberikan buah apel terasa manis. Buah apel juga mengandung rendah lemak yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat.

Baca juga : Cara Diet Alami Tanpa Olahraga

6. Melindungi tulang

Memakan buah apel dapat mencegah dan mengobati osteoporos, dan meningkatkan kekuatan tulang. Buah apel mengandung unsur-unsur boron yang berfungsi menyerap kalsium, fosfor dan magnesium. Boron dapat juga meningkatkan senyawa darah estrogen. Dalam hal ini dapat mencegah kehilangan kalsium.

Baca juga : Tanaman Patah Tulang untuk Obat Kanker

7. Meningkatkan fungsi pencernaan

Buah apel dapat meningkatkan fungsi pencernaan. Karena pektin dapat meningkatan fungsi usus dengan cara menyerap air, sehingga kotoran dalam usus dapat mudah keluar dan tidak menimbulkan rasa sakit di perut.

8. Menjaga gigi lebih putih dan sehat

Saat kita memakan buah apel dan menguyahnya, akan membantu membersihkan gigi dan gusi dari kuman atau bakteri dari sisa-sisa makanan. Ini mengurangi kejadian kerusakan gigi berlubang, dan menjaga gigi tetap putih.

Baca : Tips Menjaga Kesehatan Gigi

9. Membantu mengurangi penyakit asma

Manfaat buah apel lainnya adalah, ketika seseorang yang mengkonsumsi buah apel dapat mengurangi terjadinya penyakit asma. Ini juga baik untuk ibu yang mengandung. Apabila ibu mengandung mengkonsumsi jus apel atau buah apel secara rutin dapat memberi kesehatan bagi bayi, agar terhindar dari penyakit asma.

10. Apel meningkatkan kesehatan gusi.

Apel sudah lama disebut sebagai Pasta gigi alami meskipun memakan apel tidak seutuhnya membersihkan gigi. Menggigit dan mengunyah apel dapat menstimulir gusi. Manisnya buah apel juga dapat meningkatkan zat saliva yang berguna untuk mengurangi kerusakan gigi dengan membunuh sebagian bakteri yang berada di dalam mulut.

Baca juga : Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Paling Ampuh

Tambahan

11. Resiko Apel mengandung pestisida.

Karena buah apel disukai cacing dan serangga, kebanyakan dari buah apel harus di semprot pestisida beberapa kali. hal ini tentunya akan melekat pada buah apel. Selalu cuci buah apel dengan teliti sebelum memakannya, dan cuci dengan air yang mengalir.

12. Resiko Apel yang mengering dapat membawa alergi.

Sulfur Dioxide sering terkandung pada buah apel yang telah mengering. Bagi sebagian orangorang yang rentan hal ini dapat mengakibatkan reaksi alergi.

13. Resiko Sari apel atau jus apel dapat mengakibatkan infeksi bakteri.

E. Coli dan cryptosporidium dapat menyebabkan penyakit serius bagi orang-orang yang mengkonsumsi jus apel atau sari apel yang tidak terpasteurisasi. Anak-anak, orang-orang tua, Ibu hamil, dan juga orang-orang dengan sistem daya tahan tubuh lemah harus mengambil tindakan pencegahan secara berhati-hati terutama pada saat memilih jus apel dan sari apel.

Sekedar tips, belilah apel yang merah karena apel merah lebih baik dari apel yang hijau atau lainnya.

 

1 KOMENTAR

  1. Para ilmuwan dari Universitas of Lowa menemukan bahwa kulit apel dan tomat hijau dipercaya dapat membuat kulit tetap awet muda karna didalam kulit apel mengandung senyawa alami yang dapat menunda penuaan dini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here