Manfaat Buah Sirsak, Daun dan Akarnya

0
87
Manfaat Buah Sirsak, Daun dan Akarnya

Manfaat Buah Sirsak, Daun dan Akarnya, Buah yang memiliki seribu kegunaan adalah buah sirsak. Manfaat buah sirsak untuk kesehatan sudah sangat tersohor sehingga banyak sekali pengobatan yang dilakukan dengan memanfaatkan atau mengkonsumsi buah sirsak. Semua bagian budidaya tanaman sirsak kesemuanya dapat memberi manfaat untuk kesehatan tubuh. Baik itu Daun, bunga, buah, biji maupun batangnya.

Manfaat daun Sirsak

Masyarakat sudah sering menggunakan daun sirsak sebagai pengobatan tubuh dengan cara dibuat tonik atau larutan yang diperoleh dengan merebus daun sirsak tersebut dengan menggunakan air dan diminum dengan teratur. Khasiat air rebusan daun sirsak ini mampu untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit seperti daun sirsak obat kanker, abses atau bengkak karena peradangan, arthritis atau radang persendian, asma, kolik atau kejang perut, demam, gangguan pada empedu, influenza, diabetes, batuk, penyakit jantung, hipertensi atau tekanan darah tinggi, disentri, gangguan pencernaan, kurap atau penyakit kulit, infeksi, cacingan, gangguan hati, tumor, malaria, borok, dan sebagai obat penenang.

Manfaat daun sirsak tersebut tenyata dikarenakan pada daun sirsak ini mengandung zat aktif yang berkhasiat seperti kandungan acetogenins, annocatalin annocatacin, dan beberapa zat aktif lainnnya yang sangat berkhasiat untuk kesehatan.

Manfaat bunga sirsak

Manfaat tanaman sirsak untuk kesehatan lainnya bisa didapat dari bunganya adalah untuk mengobati bronchitis . Untuk pengobatan bronchitis biasanya bunga dari pohon sirsak akan dipadukan dengan daun serta akarnya untuk mengobati penyakit di dada.

Manfaat buah sirsak

Manfaat dari tanaman sirsak selanjutnya bisa diperoleh dari buah sirsak itu sendiri. Daging buahnya yang berwarna putih sangat kaya serat mencapai 3,3 gram disetiap 100 gram daging buahnya. Mengkonsumsi sebanyak 100 gram daging buah sirsak ini berarti sudah mengkonsumsi serat sebanyak 13 % kebutuhan serat pangan harian.

Rasa buahnya manis dan sedikit asam karena kandungan vitamin c yang juga tinggi. Dari daging buah nya manfaat buah sirsak untuk kesehatan dapat diperoleh. Buah sirsak bisa sebagai antibakteri, antifungi, dan mampu secara efektif melawan berbagai jenis parasit atau cacing di dalam tubuh.

Selain itu manfaat dari buah sirsak untuk kesehatan lainnya sebagai antihipertensi, stres dan depresi, dan memulihkan kembali gangguan yang terjadi di sistem syaraf, mengobati diare dan penyakit maag, disentri, flu, demam serta mampu menjaga stamina tubuh dan juga memperlancar asi.

Mengapa manfaat buah sirsak untuk kesehatan ini banyak sekali karena di dalam daging buah sirsat ini mengandung zat aktif yang berkhasiat dan mengandung gizi baik dan gizi tinggi.

Manfaat tanaman sirsak

Bagian lain dari tanaman ini yang punya manfaat dari buah sirsak untuk kesehatan adalah bagian bijinya. Bagian yang terdapat dalam buah sirsak ini mengandung zat aktif yang bernama anomuricin, anomurine, caclourine dan banyak lagi zat lain yang sangat baik untuk mengatasi masuk angin.dan juga bisa digunkan sebagai pestisida nabati yaitu yang digunakan untuk mangatasi berbagai organisme hama pada tanaman.

Bagian lain yang bisa memberi manfaat untuk kesehatan tubuh adalah bagian batang pohon sirsak itu sendiri. Kandungan tanin, fitosterol, ca-oksalat, murisine, dan alkaloid yang terkandung didalam batang pohon sirsak inilah yang mampu memberikan banyak manfaat bisa diperoleh dari kulit batangnya. Penggunaan nya biasanya untuk obat asma, batuk, dan menurunkan tekanan darah tinggi, sebagai obat parasit, obat penenang dan kejang.

Manfaat Akar pohon sirsak

Bagian yang lainnya yaitu bagian akar pohonnya. Kandungan zat berkhasiat dalam akar sirsat yaitu annonacin, muracin, muricatin dan banyak lagi zat berkhasiat lainnya yang terdapat dalam akar pohon sirsat inilah yang bermanfaat untuk obat diabetes.

Banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh dari kandungan zat berkhasiat dari pohon sirsak ini, sirsak mudah sekali kita dapat dipasar-pasar tradisional disekitar kita, tetapi masih kurang kesadaran dari masyarakat mengetahui fungsi dan manfaat dari berbagai organ yang terdapat dalam pohon sirsak ini yang dari masing-masing bagian tersebut bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Sungguh Tuhan maha Besar karena disetiap tanaman yang ditumbuhkan didunia ini tidak ada yang sia – sia semuanya pasti bermanfaat untuk umat manusia.

SHARE
Blog Health Happiness and Hope ini dibuat untuk sharing berbagai tips kesehatan, kehidupan yang penuh harapan.. kami memberikan tips-tips sederhana agar bisa berbagi dengan teman-teman, semoga ini bermanfaat bagi kita semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here