Manfaat Bunga Pagoda untuk Pengobatan

0
130
Manfaat Bunga Pagoda untuk Pengobatan

Manfaat Bunga Pagoda untuk Pengobatan – Bunga pagoda yang memiliki nama latin Clerodendrum japonicum Sweet ialah tanaman hias yang banyak dijumpai di pekarangan rumah. Tanaman ini Diberi nama bunga pagoda dikarenakan bunganya yang berumpun membentuk seperti pagoda atau hampir mirip dengan piramida.

Pagoda adalah salah satu spesies yang cukup mudah pembudidayaannya karena tidak memerlukan lahan yang luas, cukup di depan pekarangan rumah, atau didalam vas bunga dia sudah bisa tumbuh dengan cepat. Bunga ini Dikatakan sebagai pagoda karena memang bentuk tumbuhannya sendiri menyerupai piramid atau pagoda. Selain dijadikan sebagai tanaman hias di pekarangan rumah, ternyata ada banyak manfaat yang bisa di dapatkan di dalamnya, salah satunya bisa jadikan bahas untuk pengobatan tradisional. berikut beberapa manfaat yang bisa di ambil dari tanaman hias/bunga pagoda ini :

Manfaat Bunga Pagoda untuk Pengobatan

Menyembuhkan bisul

bisul merupakan jenis penyakit luar, tidak hanya rasa sakit jika menderita penyakit bisul, juga dapat menurunkan rasa percaya diri. Apalagi jika penyakit bisul terletak pada bagian yang mudah dilihat oleh orang lain. Cara untuk mengobati bisul sebenarnya bisa menggunakan obat alami yang cukup mudah untuk didapatkan. menyembuhkan penyakit bisul ini bisa menggunakan tanaman pagoda. caranya tumbuk daun beserta bunga pagoda hingga halus seperti pasta. kemudian oleskan pada bagian pembengkakan bisul tersebut, rasa dingin pasta pagoda ini sangat efektif untuk menciutkan bisul yang membengkak.

Mengobati korengan

Penyakit Korengan diakibatkan oleh luka yang belum sembuh total dan mengalami infeksi sehingga kulit berubah menjadi warna kecoklatan. hal ini sangat mengganggu penampilan. untuk mengobati penyakit korengan ini Cukup dengan menempelkan pasta pagoda pada bagian yang mengalami korengan. untuk membuat pasta pagoda, caranya tumbukan bunga beserta daunnya sampai halus. pasta pagoda sangat efektif untuk mengikis masalah korengan tersebut.

Obat insomnia

Manfaat lain dari tanaman hias ini adalah sebagai obat insomnia (susah tidur). Jika insomnia tak segera diatasi tentunya akan mengganggu kesehatan. mengingat pada dasarnya setiap orang memang butuh tidur. cara mengatasi insomnia ternyata cukup dengan ramuan pagoda. untuk membuat ramuan pagoda ini caranya ambil beberapa kuntum bunga pagoda lalu keringkan di bawah terik matahari, kemudian giling hingga menjadi serbuk yang halus. Ambil beberapa sendok gula marah/madu kemudian seduh menggunakan air hangat dan minum. jangan lupa sebelum di campurkan dengan gula saring terlebih dahulu.

Obat untuk wasir berdarah

Penyakit Wasir yang disertai dengan keluarnya darah, selain rasa sakit yang sangat lumayan tentunya juga menyebabkan kekhawatiran bagi penderitanya. Namun tidak perlu khawatir karena untuk menyembuhkan wasir ini bisa menggunakan bunga pagoda sebagai media pengobatannya. Caranya, Cukup dengan mengolah bunga pagoda sebagai makanan. bisa ditambah dengan daging dan sayuran lain untuk menambahkan cita rasa. kemudian konsumsi masakan ini sebagai lauk secara teratur.

Itulah beberapa informasi Manfaat Bunga Pagoda untuk Pengobatan

BAGIKAN
Blog Health Happiness and Hope ini dibuat untuk sharing berbagai tips kesehatan, kehidupan yang penuh harapan.. kami memberikan tips-tips sederhana agar bisa berbagi dengan teman-teman, semoga ini bermanfaat bagi kita semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here