Manfaat dan Khasiat Jahe Merah

0
133
Manfaat dan Khasiat Jahe Merah

Manfaat dan Khasiat Jahe Merah. Jahe merupakan tanaman obat tradisonal yang memiliki segudang khasiat dan manfaat untuk kesehatan kita. Jahe yang berwarna putih, berfungsi sebagai penghangat dan sering digunakan oleh ibu-ibu sebagai penyedap masakaan. Sedangkan jahe merah yang memiliki nama ilmiah Zingiberaceae Officinale Roscoe ternyata mempunyai khasiat lebih dari sekedar penghangat tubuh. Jumlah tanaman jahe merah jauh lebih sedikit dibandingkan jumlah jahe putih atau jahe biasa ini. Rasa dari jahe merah ini juga lebih pedas karena terdapat kandungan zingeron di dalamnya.

Berikut beberapa penjelasan penggunaan jahe dari negara-negara asing dan khasiat jahe merah berdasarkan beberapa negara yang menggunakan jahe merah dalam pengobatan tradisional mereka.

A. Penggunaan jahe merah dalam pengobatan di cina

Dalam pengobatan tradisional dari China, jahe merah mempunyai peran yang sangat penting. Dalam suatu pengobatan yang disebut dengan pengobatan yang sangat berperanlah si merah ini untuk mengobati limpa kesil, perut atau organ lambung dan ginjal. Diutamakan bagi para pria yang mempunyai kemungkinan terserang impotensi.

B. Penggunaan jahe merah dalam pengobatan di Timur Tengah

Bagi masyarakat Timur Tengah, jahe merah disebut sebagi obat yang menimbulkan efek panas dalam derajat kedua dan lembab dalam derajat kesatu. Jahe merah dapat membantu untk menghangatkan dan memberikan efek lembut pada perut kita. hal ini dapat membantu pencernaan seperti mencegah terjadinya sembelit, perut kembung, dan keracunan makanan sekalipun.

C. Penggunaan jahe merah dalam pengobatan di Barat

Di negara barat manfaat jahe merah mempunyai peran yang tidak kalah penting dengan pengobatan yang berasal dari pengobatan timur (China, Jepang danIndia). Ramuan pengobatan herbal dengan menggunakan campuran jahe merah dapat lebih mudah diserap atau diterima tubuh kita sehingga efek ramuan dapat dirasakan khasiatnya lebih cepat

Manfaat dan Khasiat Jahe Merah

Beberapa khasiat jahe merah dalam pengobatan tradisional secara alami untuk mengobati berbagai penyakit seperti:

Jahe merah dapat dimanfaatkan sebagai viagra alami, membantu memperlancar air susu ibu, meningkatkan produksi kelenjar getah bening, mencegah terkena kemandulan, dan memperkuat daya tahan sperma.

Jahe merah dapat menurunkan tekanan darah karena kandungan jahe dapat merangsang pelepasan adrenalin dan memperlebar pembuluh darah sehingga peredaran darah mengalir lebih cepat dan lancar serta mengurangi beban jantung dalam memompa darah.

Kandungan enzim protease dan lipase pada jahe merah juga sangat membantu proses pencernaan khususnya dalam mencerna protein dan lemak.

Jahe merah dapat digunakan untuk mencegah penyumbatan pembuluh darah, penyebab utama stroke dan serangan jantung. Karena gingerol yang terkandung dalam jahe mengandung antikoagulan yang berkhasiat untuk mencegah pembekuan darah dan menurunkan kolesterol.

Mencegah mual, karena serotonin jahe mampu menahan senyawa kimia yang dapat menyebabkan kontraksi perut yang menyebabkan mual.

Dengan rutin mengkonsumsi olahan jahe merah akan membuat perut menjadi nyaman, meringankan kram perut dan membantu keluar angin.

Jahe juga mengandung antioksidan yang membantu menetralkan efek merusak yang disebabkan oleh radikal bebas. Kandungan senyawa kimia dalam minyak atsiri pada jahe merah terdiri dari senyawa seskuiterpen, zingiberen, bisabolena, sineol, sitral, zingiberal, dan felandren.

Demikian beberapa penjelasan mengenai manfaat dan khasiat jahe merah untuk pengobatan secara alami. Tanaman obat yang multiguna ini dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan kita dan menghindarkan dari berbagai jenis penyakit yang berbahaya.

BAGIKAN
Blog Health Happiness and Hope ini dibuat untuk sharing berbagai tips kesehatan, kehidupan yang penuh harapan.. kami memberikan tips-tips sederhana agar bisa berbagi dengan teman-teman, semoga ini bermanfaat bagi kita semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here