Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan

0
145
Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan. Kita semua pasti mengenal buah pepaya, buah yang sangat lezat dan bermanfaat. Namun, ternyata bukan hanya buahnya saja yang bisa kita manfaatkan. Bagian akar, batang, dan daunnya juga memiliki berbagai khasiat untuk mengobati penyakit.

Mungkin kita semua sudah tidak asing lagi dengan daun pepaya. Daun ini rasanya pahit dan biasanya sering dikonsumsi oleh wanita. Rasanya yang pahit inilah yang menyimpan manfaat yang besar bagi tubuh manusia.

Makanan yang satu ini memang tidak banyak penggemarnya. Hal ini mungkin karena tidak banyak yang mengetahui dari manfaat daun pepaya dengan baik. Memang kebanyakan manfaat ini hanya bisa dirasakan oleh wanita, namun tidak ada salahnya bila kaum pria mengonsumsi daun pepaya.

Selain itu, penggunaan daun pepaya untuk menjaga kesehatan mungkin masih dinilai terlalu tradisional. Cara ini sudah sangat jarang digunakan oleh masyarakat, terutama mereka yang tinggal di perkotaan.

Oleh karena itu, dengan menguak beberapa manfaat daun pepaya, maka anda akan mengetahui khasiat dan manfaat dari daun pepaya apabila Anda mengonsumsinya. Selain itu, penggunaan daun pepaya untuk menjaga kesehatan juga merupakan cara alami yang sangat baik dari pada menggunakan berbagai macam obat-obatan yang bersifat kimiawi.

Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan

Bukankah yang alami adalah yang terbaik? Untuk lebih jelas mengenai khasiat dan manfaat daun pepaya, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

Memperlancar ASI

Pada umumnya, fungsi daun pepaya yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi. Banyak wanita yang menggunakan daun pepaya untuk memperlancar jalannya ASI. Cara ini memang terbukti efektif dan mudah untuk dilakukan.

Caranya, remaslah daun pepaya yang muda dan letakkan diatas api hingga daun tersebut layu. Setelah itu, tempelkan daun tersebut di sekitar payudara, kecuali bagian puting dalam keadaan hangat. Dengan melakukan hal tersebut, maka dipercaya ASI dapat berjalan secara lancar.

Baca : Sumber Makanan Pelancar Asi

Obat jerawat

Bagi anda yang sering atau sedang mengalami jerawat, anda bisa mencoba salah satu akternatif, yaitu dengan menggunakan daun pepaya. Daun pepaya juga bisa dijadikan sebagai masker alami dan obat jerawat alami.

Masker daun pepaya dapat dibuat dengan cara menggunakan 2 atau 3 lembar daun pepaya yang sudah tua. Setelah itu, jemurlah daun hingga layu dan kemudian haluskan. Kemudian campurkan dengan 30 cc air bersih.

Selain dibuat menjadi masker, anda juga bisa menggunakan getah pepaya untuk mengobati jerawat dengan cara mengoleskannya pada jerawat. Lakukan secara rutin hingga kerawat sembuh.

Baca : Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Melancarkan pencernaan

Buah pepaya memang dikenal dapat melancarkan pencernaan, namun siapa sangka bahwa daun pepaya juga bisa memperlancar sistem pencernaan ? Di dalam daun pepaya, terdapat senyawa karpain yang dapat membantu membunuh bakteri yang bisa menyebabkan gangguan pada fungsi pencernaan.

Baca : Penyebab Kanker Pencernaan Gastrointestinal

Menambah nafsu makan

Untuk menambah nafsu makan, campurkan garam pada daun pepaya yang masih segar sebanyak 200 cc. setelah itu haluskan dengan menggunakan blender, saringlah sarinya dan beri dua sendok makan madu. Aduk hingga merata dan minumlah untuk menambah nafsu makan.

Baca : Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Mengobati demam berdarah

Daun pepaya juga dikenal mampu mengobati demam berdarah secara efektif. Cara mengolah daun pepaya untuk mengobati demam berdarah sangat mudah, pertama siapkan 5 lembar daun pepaya yang muda dan rebuslah dengan air setengah liter. Tunggulah hingga air sisa seperempat dan beri sedikit garam dan 2 sendok makan madu. Minumlah selagi hangat secara rutin, 3 kali sehari.

Baca : Demam Berdarah Dengue pada Anak

Mengobati nyeri haid

Pada umumnya, bagi wanita yang akan datang bulan biasanya akan terasa sangat nyeri. Oleh karena itu manfaat daun pepaya bagi wanita, anda bisa minum jus daun pepaya untuk mengurangi rasa nyerinya.

Cara membuat jus daun pepaya sangat mudah. Siapkan selembar daun pepaya muda, asam jawa, dan garam. Setelah itu, rebuslah bahan-bahan tersebut dengan menggunakan air sebanyak 250 cc. setelah mendidih, tambahkan 2 sendok makan madu dan bisa anda minum setelah dingin.

Baca : Cara Mudah Mengatasi Nyeri Haid

Anti kanker

Salah satu dari manfaat daun pepaya adalah sebagai anti kanker. Meskipun belum mendapatkan konfirmasi secara pasti, namun beberapa penelitian menyatakan bahwa daun pepaya dapat menjadi anti kanker karena mengandung Milky Latex atau getah putih seperti susu yang digunakan sebagai anti kanker.­­­­

Baca : Cara Mencegah kanker dengan tepat

Demikian sedikit informasi mengenai Khasiat dan Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here