Manfaat ikan salmon untuk kesehatan

0
162
Manfaat ikan salmon untuk kesehatan tubuh

Manfaat ikan salmon untuk kesehatan tubuh, Ikan merupakan salah satu sumber makanan yang melimpah disekitar kita. Manfaat ikan salmon untuk kesehatan tubuh sangat banyak sekali sehingga dapat dijadikan salah satu sumber makanan bergizi.

Hasil laut bagi Negara yang sebagian besar dikelilingi laut sebenarnya sudah menjadi hal biasa jika ikan laut menjadi makanan yang mudah diperoleh dan dapat dikonsumsi setiap hari. Jumlah ikan yang melimpah dengan berbagai jenis ikan yang dihasilkan nelayan Indonesia merupakan sumber nutrisi yang baik bagi konsumsi tubuh manusia.

Manfaat ikan salmon untuk kesehatan begitu penting sehingga dapat menunjang kebutuhan zat tertentu yang dibutuhkan tubuh dan tidak ada dalam buah dan sayur.

Manfaat ikan yang paling sering dibahas adalah kandungan omega 3 yang baik untuk kecerdasan otak, jantung, makan sehat untuk ibu hamil dan banyak lagi. Kandungan ini juga terdapat pada ikan salmon. Jenis makanan yang satu ini memang sangat bagus sehingga dapat dijadikan lauk dalam setiap variasi menu makan yang dikonsumsi setiap hari.

Manfaat ikan salmon untuk kesehatan tubuh

Beberapa manfaat ikan salmon untuk kesehatan tubuh adalah.

  1. Meningkatkan fungsi otak
  2. Mengurangi peradangan
  3. Pengembangan otot
  4. Meningkatkan daya pandang mata
  5. Menjaga kulit dan rambut tetap sehat
  6. Meningkatkan metabolisme
  7. Mencegah serangan jantung
  8. Mengurangi depresi

Manfaat ikan salmon dapat juga menjadi makanan sehat untuk anak sehingga membantu perkembangan dan meningkatkan kecerdasannya. Kebutuhan akan gizi menjadi semakin penting sehingga tubuh memerlukan banyak asupan nutrisi dari berbagai makanan yang sehat. Anak yang masih dalam masa pertumbuhan tentunya membutuhkan semua gizi terutama dari ikan laut. Ikan salmon dapat disajikan sebagai menu makanan anak yang dilengkapi dengan sayuran dan nasi.

Variasi sajian untuk ikan salmon dapat dikukus, digoreng dan dibuat bakso ikan salmon agar anak bisa tertarik untuk memakannya. Banyaknya manfaat ikan salmon seperti dapat mencegah berbagai penyakit dan menjaga kesehatan jantung, memperbaiki metabolisme tubuh dan mata. Pada masa sekarang penyakit yang sering diderita sebagian besar masyarakat berasal dari pola makan yang salah dan makanan yang kurang sehat. Dengan memilih makanan sehat yaitu ikan salmon maka dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.

Makan ikan salmon dapat dilakukan secara terjadwal atau mengatur variasi makanan jika merasa bosan setiap hari makan ikan ini. Sajian menu tersebut dapat dikonsumsi setiap minggu sekali atau dua minggu sekali, namun setiap bulan tetap bisa mengkonsumsinya. Dengan begitu akan mendukung dalam menutrisi otak meningkatkan kecerdasan dan mepertahankan daya ingat. Dengan begitu dimasa umur bertambah tidak mudah lupa dan tetap kuat daya ingat. Perlu diketahui bahwa daya ingat tidak hanya didukung oleh latihan yang rutin dan berulang-ulang tapi tetap juga membutuhkan nutrisi otak yang berasal dari makanan.

Ikan salmon jika dihidangkan dengan sayuran lengkap maka akan melengkapi semua kebutuhan nutrisi tubuh baik itu vitamin, mineral, kalsium dan asam lemak omega 3. Selanjutnya diteruskan dengan konsumsi buah maka komposisi gizi akan seimbang dan tubuh akan menerimanya dengan baik sehingga daya tahan tubuh menjadi meningkat dan kuat. Memasaknyapun juga harus diperhatikan komposisi bumbu yang akan diberikan. Sebaiknya jangan ditambahkan penguat rasa atau penyedap rasa sebab akan membuat makan sehat menjadi tidak sehat dan makan yang baik menjadi tidak baik. Penyedap rasa memang membuat rasa menjadi enak dan rasa menjadi terasa kuat tapi memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan. Bahan kimia dan pengawet yang ada didalamnya dalam jangka panjang dapat menyebabkan terkena penyakit berbahaya seperti kanker dan lain sebagainya. Sebaiknya dalam memasaknya ditambahkan bumbu yang alami sehingga membuat sajian ikan salmon tetap sehat dan berkhasiat sempurna. Dengan bumbu yang alami maka rasa yang didapatkan juga sebuah kelezatan yang alami. Perlu juga diperhatikan tambahan gula pada masakannya sebab jika kebanyakan akan terasa kemanisan.

Memulai hidup sehat dapat dilakukan dengan terus mengkonsumsi ikan salmon dan mendapatkan manfaat ikan salmon serta tetap berolahraga. Kolesterol jahat yang ada dalam tubuh karena pengaruh makanan lain dapat dikurangi dengan makan ikan salmon. Hal itu disebabkan ikan salmon menjaga kesehatan jantung dan melancarkan aliran darah ke jantung dengan menghancurkan kolesterol jahat.

BAGIKAN
Blog Health Happiness and Hope ini dibuat untuk sharing berbagai tips kesehatan, kehidupan yang penuh harapan.. kami memberikan tips-tips sederhana agar bisa berbagi dengan teman-teman, semoga ini bermanfaat bagi kita semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here