Manfaat Kalsium Yang Wajib Diketahui

0
168
Manfaat Kalsium Yang Wajib Diketahui

Manfaat Kalsium Yang Wajib Diketahui. Kalsium merupakan mineral yang penting bagi manusia, berhubungan dengan metabolisme tubuh, kerja jantung dan pergerakan otot. Adalah zat yang cukup banyak ditemukan dalam tubuh manusia yang juga berhubungan dengan perkembangan, pengaturan dan reproduksi juga menghindarkan dari kelemahan tulang seperti osteoporosis. Kalsium dapat ditemui pada produk-produk yang mengandung susu dan kedelai seperti yogurt, keju, mentega, tempe, salmon, sarden, kacang-kacangan dan lain sebagainya.

Takaran pemenuhan jumlah kalsium berbeda-beda setap orangnya. Pada remaja yang berumuran 14-18 tahun biasanya mereka membutuhkan kalsium sebanyak 1300 mg/ hari, sedangkan umur 19-50 tahun ditakar sebanyak 1000 mg/ hari.

Baca juga : Pro Dan Kontra Susu Sebagai Sumber Kalsium

Manfaat Kalsium Untuk Kesehatan Tubuh

Berikut adalah beberapa manfaat kalsium bagi manusia:

  1. Kalsium sebagai pembakar lemak menunjukan bahwa asupan kalsium yang tinggi dapat mengubah metabolisme sel-sel lemak, menyebabkan berkurangnya lemak yang disimpan dan menghasilkan lemak yang akan dibakar menjadi energi.
  2. Kalsium dapat menekan nafsu makan jadi sangat berguna bagi mereka yang melakukan diet.
  3. Mengkonsumsi kalsium bisa menghidarkan pelaku diet untuk terkena serangan ginjal juga penurunan penyerapan mineral lainnya .
  4. Kalsium juga bisa menjadi media pencegahan pada penyakit osteoporosis yang biasanya mulai membuat tulang keropos saat kita berumur 30 an.
  5. Kalsium juga mampu untuk melawan gejala PMS yang seringkali mengganggu kegiatan para wanita
  6. Asupan kalsium yang cukup berfungsi juga untuk melawan kanker ovarium dan payudara pada wanita.
  7. Selain itu kalsium juga berpengaruh untuk menurunkan tekanan darah pada kasus hipertensi.
  8. Kalsium diusulkan membantu mengurangi resiko penyakit kardivaskular (yang berhubungan dengan jantung, pembuluh darah) dengan menurunkan penyerapan usus lipid, meningkatkan ekskresi lipid, menurunkan kadar kolesterol dalam darah, juga melancarkan masuknya kalsium ke dalam sel.

Baca juga : Makanan Penambah Tinggi Badan Dengan Cepat

Dari pemaparan tersebut diatas terlihat bahwasanya kalsium memang berhubungan dengan kinerja pelangsingan badan. Adapun penggunaan kalsium yang berkaitan dengan pengobatan sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu pada dokter. Baiknya kalsium untuk kebutuhan diet sebaiknya diperlakukan dalam porsi yang sedang-sedang saja dan memenuhi takaran seperti yang disebutkan di atas. Salam mengkonsumsi Kalsium

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here