Manfaat Madu Bagi Kesehatan dan Kecantikan

0
191
Manfaat Madu Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Madu Bagi Kesehatan dan Kecantikan. Kebanyakan di antara kita pasti pernah melihat atau bahkan mengonsumsi madu. Cairan yang manis dan lengket ini dihasilkan oleh lebah dari nektar bunga. Madu sendiri bukanlah komoditas langka yang sulit untuk diperoleh.
Biasanya madu disajikan dalam bentuk minuman ataupun dicampurkan ke dalam minuman atau makanan lainnya. Mengonsumsi madu sudah terbukti sangat baik bagi kesehatan. Jadi, sangat dianjurkan bagi anda untuk mengonsumsi madu secara rutin.

Menurut berbagai penelitian, setidaknya ada 9 manfaat madu bagi tubuh kita, jika madu dikonsumsi secara teratur. Manfaat madu tidak hanya kita rasakan di dalam tubuh saja, melainkan bisa juga dimanfaatkan pada bagian luar tubuh anda, seperti kulit terluka.
Madu juga dikenal sebagai minuman penambah energi karena rasanya yang manis. Mungkin beberapa di antara anda merupakan penggemar madu. Hal tersebut sangatlah baik, namun perlu anda ingat bahwa sebaiknya anda mengonsumsinya dalam jumlah yang bijak atau wajar.

Manfaat Madu Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Untuk lebih jelas mengenai 9 manfaat madu bagi kesehatan dan kecantikan tubuh kita, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

1. Memperbaiki sistem pencernaan

Salah satu dari 9 manfaat madu bagi tubuh yang sudah menjadi rahasia umum adalah dapat memperbaiki sistem pencernaan. Hal ini karena madu mempunyai sifat anti bakteri. Di samping itu, madu juga mudah dicerna, sehingga sangat baik untuk anak-anak.

2. Diet

Bagi anda yang sedang menurunkan berat badan atau melakukan diet, maka memasukkan madu ke dalam menu anda merupakan langkah yang tepat. Caranya sangat mudah, campurkan lemon, madu dan air hangat dan minumlah secara rutin untuk mengontrol berat badan anda.

Baca : Diet untuk Ibu Hamil dengan Diabetes

Dengan melakukan hal tersebut, maka lemak di dalam tubuh anda akan terkikis, namun tidak akan mengurangi energi di dalam tubuh anda, karena madu sendiri merupakan minuman penambah energi. Selain itu, konsumsilah madu sebanyak 2 sendok makan untuk menjaga kesehatan tubuh anda dalam sehari.

3. Sakit tenggorokan

Madu juga dikenal sebagai obat untuk mengobati sakit tenggorokan secara alami. Caranya sangat mudah, anda hanya perlu menambahkan madu pada perasan atau jahe hangat dan kemudian diminum secara teratur, maka sakit tenggorokan akan sembuh.

Baca : Penyakit Radang Tenggorokan dan Penyebabnya

4. Pengganti gula

Karena rasanya yang begitu manis, madu juga bisa digunakan sebagai pengganti gula. Campurkan madu pada makanan atau minuman anda untuk menggantikan pemanis buatan yang tidak baik untuk tubuh.

5. Mencegah kanker

Salah satu dari 9 manfaat madu bagi tubuh yang paling penting adalah mencegah terbentuknya sel kanker di dalam tubuh. seperti yang kita ketahui bahwa kanker merupakan penyakit yang sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kematian.

Baca : Cara Mencegah kanker dengan tepat

Di dalam madu terdapat senyawa karsinogen yang berperan sebagai anti kanker dan anti tumor. Oleh karena itu, konsumsilah madu secara rutin.

6. Menjaga kulit

Madu juga sering digunakan untuk menjaga kesehatan kulit agar tetap segar dan lentur. Caranya adalah oleskan madu pada bagian wajah selama lebih kurang 15 menit. Setelah itu, bilaslah wajah anda dengan menggunakan air hangat.

Baca : Jenis-jenis Makanan Penyebab Alergi Kulit

7. Obat luka

Bagi anda yang sering mengalami luka gores atau luka lecet, maka madu bisa dijadikan sebagai pertolongan pertama untuk mengobati cidera tersebut. Selain luka gores, madu juga bisa mengobati luka bakar, dan luka lainnya.

Hal ini karena madu memiliki sifat antiseptic yang mampu mencegah terjadinya infeksi dan meredam pertumbuhan bakteri.

8. Membantu tidur nyenyak

Bagi anda yang sering mengalami kesulitan untuk tidur, anda tidak perlu khawatir lagi, karena madu mampu mengatasi hal tersebut. Caranya, campurkan madu sebanyak dua sendok teh dengan secangkir teh chamomile dan minumlah sebelum tidur. Hal ini akan membantu saraf anda untuk lebih tenang dan tidur pun menjadi lebih nyenyak.

Baca : Kurang tidur dapat meningkatkan diabetes

9. Menambah kemilau rambut

Rambut merupakan mahkota yang berharga bagi setiap orang. Untuk menjaga agar rambut tetap indah, anda bisa menggunakan madu. Caranya adalah dengan mencuci rambut anda dengan menggunakan dua sendok makan madu yang dicampurkan dengan air hangat. Cara ini juga mampu menambah kemilau rambut anda.

Baca : Cara Alami Menghilangkan Bulu Kaki

Itulah mengenai beberapa khasiat dan manfaat madu bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here