Mengatasi Radang Tenggorokan Pada Anak

0
24
Cara Radang Tenggorokan Pada Anak

Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Pada Anak, Radang tenggorokan atau lebih dikenal angina merupakan penyakit yang sering menyerang kesehatan pada anak. Biasanya anak yang berumur 2-4 tahun. Penyakit radang tenggorokan biasanya timbul secara tiba-tiba, seringkali di waktu malam. Untuk mengatasi radang tenggorokan pada anak, kita sebagai orangtua perlu mengenali ciri-ciri penyakit ini.

Penyebab radang tenggorokan pada anak

Penyebab radang tenggorokan pada anak, biasanya disebabkan oleh virus. Bermacam-macam kuman dapat menyebabkan radang tenggorokan dan yang paling berbahaya ialah radang tenggorokan yang disebabkan oleh kuman difteri. Namun juga bisa disebabkan oleh bakteri seperti streptokokus.

Ciri-ciri radang tenggorokan pada anak

Ciri-ciri radang tenggorokan pada anak, sehari sebelumnya anak agak masuk angin. Ketika bangun pagi tangisannya serak, nafas sesak, terdengar bunyi pernafasan anak, batuk-batuk, dan juga biasanya disertai panas. Biasanya anak kehilangan nafsu makan.

Gejala radang tenggorokan pada anak

Gejala radang tenggorokan pada anak, terjadi pembesaran kelenjar, tonsil (amandel) atau tenggorokan meradang, biasanya menimbulkan nyeri dan gatal, sulit untuk menelan, terkadang disertai demam dan batuk-pilek.

Pengobatan radang tenggorokan pada anak

Pengobatan radang tenggorokan pada anak, Sebelum mendapatkan pengobatan dari dokter, perbanyaklah minum air hangat dimana air hangat akan memberikan rasa nyaman pada tenggorokan. Bila anak demam berikan parasetamol. Dan bia hidung tersumbat, berikan tetes hidung NaCl (bisa dibeli di apotik) dan seringlah anak menghirup uap air panas (Hati-hati supaya anak jangan sampai tersiram air panas). Bila anak demam di atas 39°C dan keadaan kesehatan anak terus memburuk, segeralah konsultasikan ke dokter.

Pencegahan radang tenggorokan pada anak

Pencegahan radang tenggorokan pada anak yaitu dengan menghindari kontak dengan penderita batuk-pilek, influenza, atau infeksi streprokokus, perbanyak minum, serta meningkatkan stamina dengan istirahat dan makan yang bergizi dengan baik.

Setelah menyimak penjelasan di atas, semoga anak anda bisa terhindar dari radang tenggorokan dan anda bisa mangatasi radang tenggorokan yang menyerang kesehatan pada anak anda. Semoga bermanfaat.

SHARE
Blog Health Happiness and Hope ini dibuat untuk sharing berbagai tips kesehatan, kehidupan yang penuh harapan.. kami memberikan tips-tips sederhana agar bisa berbagi dengan teman-teman, semoga ini bermanfaat bagi kita semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here