Mengenali Tanda-Tanda Stress pada Anak

0
241
Mengenali Tanda-Tanda Stress pada Anak

Mengenali Tanda-Tanda Stress pada Anak. Tanda-tanda stress pada anak-anak dapat terjadi di berbagai usia, mulai dari janin sampai remaja. Stress pada janin biasanya karena dipengaruhi oleh sang ibu yang juga mengalami stress. Hal ini mengakibatkan detak janin tidak teratur sehingga oksigen dan asupan sari makanan menjadi berkurang. Selain itu, tanda-tanda stress juga bisa mengiringi anak-anak seiring pertambahan usianya. Penyebab stress pada anak bisa pada beberapa hal berikut ini.

1. Makanan

Kurang atau berlebihnya makanan dapat memicu stress pada anak. Pada kasus kekurangan makan maka seorang anak akan mendapat asupan gizi yang kurang sehingga kebutuhan dalam tubuh tidak terpenuhi dengan baik. Sedangkan pada kasus makanan yang berlebihan seorang anak biasanya terlalu banyak mengkonsumsi makanan cepat saji sehingga lemak menumpuk, dan konsumsi gula dalam porsi yang berlebihan.

2. Kurang Istirahat (Tidur)

Seorang anak yang kurang tidur dan minim istirahat akan mengalami rasa capek yang luar biasa. Kegiatan sekolah yang menumpuk, ditambah lagi kegiatan lainnya di luar sekolah misalnya les dan lain sebagainya dapat mengakibatkan seorang anak kelelahan, dan rentan mengalami stress.

Baca : Kurang tidur dapat meningkatkan diabetes

3. Lingkungan Keluarga dan Pola Asuh Orang Tua

Lingkungan dan pola asuh orang tua adalah hal yang paling banyak berpengaruh dalam proses pembentukan jiwa anak. Seorang anak yang tumbuh dalam asuhan orang tua yang otoriter maka dia akan tumbuh menjadi anak yang keras, dan rentan terkena tanda-tanda stress. Sedangkan anak yang tumbuh dalam asuhan orang tua yang permisif maka dia akan menjadi seorang anak yang semaunya sendiri dan sulit diarahkan. Untuk anak yang tumbuh dalam asuhan orang tua yang autoritatif yaitu memberikan bimbingan pada anak dengan menjelaskan konsekuensi dari setiap tindakan, biasanya tidak banyak mengalami tanda-tanda stress.

Pola asuh autoritatif inilah yang paling banyak dianjurkan para ahli kepada orang tua untuk mendidik anaknya.

Mengenali Tanda-Tanda Stress pada Anak

HealthyDay News, American Academy of Pediatrics mengungkapkan bahwa beberapa tanda-tanda stress pada anak adalah seperti berikut ini :

  1. Mudah marah dan kurang berminat pada beberapa bidang yang sebenarnya dia sukai
  2. Sering mengeluh sakit kepala dan sakit perut
  3. Terlihat selalu kelelahan dan sering mudah merasa cemas
  4. Perilakunya menjadi berubah drastis, dari yang mandiri misalnya malah menjadi sangat manja pada orang tua.

Jika Anda menemukan tanda-tanda stress pada anak sebaiknya lakukan pendekatan khusus kepadanya dan ajaklah anak Anda untuk berdialog, jika memungkinkan mintalah bantuan psikolog.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here