Minum Paracetamol Saat Hamil Menyebabkan Asma Pada Bayi?

0
101
Minum Paracetamol Saat Hamil Menyebabkan Asma Pada Bayi?

Minum Paracetamol Saat Hamil Menyebabkan Asma Pada Bayi?, Minum paracetamol saat ibu yang sedang hamil akibat demam atau nyeri kabarnya dapat meningkatkan risiko asma pada bayinya kelak. Benarkah?

Ibu atau calon ibu yang sedang hamil harus senantiasa menjaga kesehatan. Namun tentunya jika sedang kurang fit badan mudah sakit bahkan dapat berujung terserang sakit seperti demam dan lain sebagainya. Tapi ingat, perempuan hamil harus hati-hati dalam mengkonsumsi obat (tidak boleh sembarangan) karena Ibu hamil yang minum paracetamol untuk meredakan nyeri atau demam, kabarnya dapat meningkatkan risiko bayinya menderita asma, demikian menurut penelitian terbaru.

Namun penelitian ini masih belum menjadi suatu peringatan atau pelarangan ibu hamil untuk minum paracetamol, sebab obat ini masih merupakan obat yang cukup aman untuk ibu hamil bila dibandingkan dengan obat lain demikian menurut Richard Beasley, MD, peneliti dari Institut Penelitian Kedokteran, Selandia Baru.

Yang masih belum jelas dari hasil penelitian yang pernah dipublikasikan dalam jurnal Clinical & Experimental Allergy ini adalah, hubungan antara penggunaan pereda nyeri dengan asma apakah merupakan hubungan sebab akibat atau bukan.

Baca juga: Apa Saja Ciri-ciri kehamilan Muda

Hanya saja, hasil studi ini kembali mengingatkan para dokter untuk tidak memberikan obat yang tidak terlalu perlu kepada ibu hamil. Meskipun demikian, rekomendasi obat yang aman pada masa kehamilan belum berubah sampai saat ini.

Paracetamol saat ini merupakan pilihan utama yang diberikan kepada ibu hamil untuk pereda nyeri dan penurun panas. Mencegah memang jauh lebih baik daripada mengobati. Apalagi bagi perempuan hamil, mari senantiasa meningkatkan kualitas kesehatan agar senantiasa sehat selalu. Semoga informasi mengenai Minum Paracetamol Saat Hamil Menyebabkan Asma Pada Bayi ini bermanfaat bagi kita semua.

BAGIKAN
Blog Health Happiness and Hope ini dibuat untuk sharing berbagai tips kesehatan, kehidupan yang penuh harapan.. kami memberikan tips-tips sederhana agar bisa berbagi dengan teman-teman, semoga ini bermanfaat bagi kita semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here