Obat Batuk Untuk Ibu Hamil Yang Aman

0
159
Obat Batuk Untuk Ibu Hamil Yang Aman

Obat Batuk Untuk Ibu Hamil Yang Aman. Batuk pilek memang terasa sangat mengganggu. Anda akan merasa tidak nyaman ketika batuk dan/atau pilek menyerang. Makan menjadi tidak enak, tidur tidak nyenyak, beraktivitas pun tidak bisa maksimal. Mungkin ketika anda tidak hamil atau menyusui, anda akan langsung meminum obat batuk apapun yang anda miliki di rumah. Namun, hal ini sebaiknya dihindari ketika anda dalam masa kehamilan atau menyusui. Hal ini dikarenakan ketika pada masa kehamilan atau menyusui, tubuh ibu akan menjadi lebih sensitif, terlebih lagi ada bayi yang juga harus dipikirkan kesehatannya.

Memilih Obat Batuk Untuk Ibu Hamil Yang Aman

Ketika hamil, janin dalam rahim anda masih rawan terhadap hal-hal yang keras, bukan hanya secara tekstur namun juga secara kandungan kimia. Seperti obat batuk misalnya, bisa saja obat batuk mengakibatkan gangguan pada janin anda bila anda tidak hati-hati memilihnya. Selain itu, pada masa menyusui, bayi masih bergantung pada ASI anda, dan ASI dapat dipengaruhi oleh makanan atau zat yang anda konsumsi. Lalu, bagaimana caranya mengatasi batuk ketika hamil? Apa obat batuk untuk ibu hamil yang aman? Mari kita bahas mengenai obat batuk untuk ibu hamil dan seputar mengatasi batuk selama hamil.

Baca juga: Kenali Penyakit Batuk Rejan pada Anak

Pertama-tama perlu kita ketahui apa sebab batuk anda terlebih dahulu sebelum anda memutuskan untuk meminum obat tertentu. Pada saat kehamilan, ketika tubuh banyak mengalami perubahan, tenggorokan pun mengalami hal yang sama. Sering kali tenggorokan akan lebih sering berlendir sehingga menyebabkan rasa gatal dan batuk sebagai refleksnya. Pada dasarnya, ada tiga hal yang menjadi penyebab utama batuk di tenggorokan, yaitu karena iritasi, karena alergi, dan karena infeksi.

Tentu saja, ketika hamil anda tidak bisa sembarangan memilih obat batuk. Obat batuk hanya disarankan ketika anda mengalami batuk yang disebabkan oleh infeksi. Meminum obat batuk pun disarankan hanya ketika anda sudah konsultasi pada dokter mengenai batuk anda dan kehamilan anda, serta pilihan obat batuk yang dirasa aman bagi anda. Biasanya, obat batuk yang relatif aman untuk dikonsumsi ibu hamil adalah obat batuk herbal. Anda harus sangat selektif dalam memilih obat batuk untuk ibu hamil, dan pilihlah yang terbuat dari bahan alami seperti tumbuh-tumbuhan atau herbal.

Baca juga : Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Atau mungkin, anda kenal dengan istilah obat batuk hitam? Obat batuk hitam itu terbuat dari berbagai tumbuhan yang ampuh melawan batuk tenggorokan. Jika anda mengalami kesulitan dalam menemukan obat batuk jenis ini, anda bisa memilih obat batuk yang mengandung dextrometrophan serta glyceril guayacolat. Dua senyawa tersebut berperan untuk mengencerkan lendir pada tenggorokan sehingga lendir akan lebih mudah dikeluarkan ketika anda bersin atau batuk.

Yang terpenting adalah anda mengkonsultasikan terlebih dahulu obat batuk yang akan anda konsumsi untuk memastikan obat tersebut benar-benar aman bagi kondisi janin anda. Selain itu, ada beberapa cara untuk meringankan batuk anda yang disebabkan oleh iritasi dan alergi. Jika batuk karena iritasi, anda lebih baik minum air putih sebanyak mungkin untuk mengurangi rasa gatal di tenggorokan.

Baca juga : Mengatasi Radang Tenggorokan Pada Anak

Minum banyak cairan juga bisa membantu mengganti cairan tubuh yang hilang. Bila anda batuk karena alergi, pastinya anda harus menghindari penyebab alergi itu. Apa karena makanan atau karena keadaan lingkungan. Pastikan anda mengerti dengan baik apa penyebab alergi pada tenggorokan anda. Jika alergi pada makanan, tentu saja anda sangat disarankan untuk tidak memakan makanan tertentu untuk menghindari batuk.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here