Berbagai Obat Sakit Asam Urat Tradisional

0
160
Obat Sakit Asam Urat Tradisional

Obat Sakit Asam Urat Tradisional. Sakit asam urat merupakan penyakit yang kerap muncul ketika seseorang telah memasuki usia kepala tiga keatas. Sebagian orang menganggap penyakit ini adalah penyakit yang biasa-biasa saja dan tidak membahayakan. Siapa bilang? Malah sebaliknya penyakit ini jika tidak diobati dengan baik dan benar akan membahayakan di masa yang akan datang.

Baca :  Cara Mencegah kanker dengan tepat

3 Macam Obat Sakit Asam Urat Tradisional

Sakit asam urat biasanya disertai dengan beberapa gejala:

1. Rasa Ngilu dan Nyeri Pada Sendi

Persendian biasanya mengalami rasa ngilu dan nyeri yang tidak mengenakkan. Sendi jari-jari pun juga sering diserang oleh penyakit ini.

2. Nyeri Pada Tumit

Seringkah Anda mengalami nyeri pada tumit ketika melangkah dari duduk atau berbaring untuk pertama kalinya? Jika iya, waspadalah ini adalah ciri-ciri dari penyakit asam urat. Pada tahap pertama, nyeri pada tumit ini bisa hilang tanpa melakukan pengobatan.

Namun, jangan senang dulu jika rasa nyeri menghilang. Sakit asam urat Anda bukan sembuh tapi akan terlihat normal sampai bertahun-tahun hingga muncul lagi nyeri pada tahap kedua yang bisa mengakibatkan rapuhnya tulang.

3. Asam Urat Biasanya disertai Dengan Hipertensi

Jika Anda terdeteksi hipertensi atau mengalami tekanan darah tinggi, hati-hatilah denganpenyakit yang biasa mendampinginya yakni sakit asam urat.

Baca :  Anjuran dan Pantangan Penyakit Asam Urat

Obat Asam Urat Tradisional

Sebenarnya ada banyak obat-obatan tradisional yang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit asam urat. Namun, artikel ini hanya akan membahas 3 macam obat saja.

1. Sambiloto Dipercaya Dapat Menyembuhkan Asam Urat

Adrographis Panniculata atau biasanya dikenal dengan nama sambiloto, dipercaya sebagian warga Indonesia dari turun temurun dapat meredakan nyeri sendi yang diakibatkan oleh asam urat.

Cara membuat ramuan obat asam urat dari tanaman obat ini yakni bersihkan sambilito kering sebanyak 10 gram, tambahkan temulawak kering dengan jumlah yang sama, buah lada s1 gram serta komfrey 5 hingga 10 gram. Rebus dengan 5 gelas air hingga tinggal 3 gelas. Diminum 3 kali satu gelas setiap hari.

2. Kumis Kucing Meredakan Asam Urat

Orthosiphon aristatus merupakan nama ilmiah dari tanaman kumis kucing. Kumis kucing dipercaya dapat menghancurkan batu dalam tubuh. Asam urat pada tahap lanjut akan membuat semacam Kristal pada sendi. Cara pengobatan asam urat dengan kumis kucing ini adalah dengan merebus daun kumis kucing, dan diminum satu gelas satu hari.

3. Daun Salam

Daun salam bukan hanya bisa dicampurkan dalam masakan. Khasiatnya juga dipercaya dapat menyembuhkan sakit asam urat.
Cara Meramu daun salam menjadi salah satu obat asam urat berkhasiat yakni: ambil sekitar 10 hingga 15 daun salam yang segar, rebus dengan tiga gelas air hingga tersisa 1 gelas saja. Konsumsi 2 kali sehari sebanyak setengah gelas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here