Osteoporosis Bukan Penyebab Nyeri Sendi

0
139
Osteoporosis Bukan Penyebab Nyeri Sendi

Osteoporosis Bukan Penyebab Nyeri Sendi. Osteoporosis adalah sejenis penyakit yang terjadi ketika tulang penderita mengalami pengeroposan. Dalam hal ini, manfaat kalsium yang merupakan komponen penyusun tulang larut dan ke luar dari tulang. Akibatnya, tulang penderita menjadi keropos dan mudah patah.

Baca juga : Penyakit Osteoporosis Pada Lansia

Penyakit osteoporosis bisa dicirikan dari banyak hal. Misalnya saja adalah penurunan tinggi badan yang merupakan akibat dari perubahan postur tubuh (bongkok/bungkuk), sakit punggung yang parah, hingga mudahnya patah tulang. Beberapa kalangan juga menyebutkan bahwa osteoporosis dicirikan dengan nyeri sendi atau dengan kata lain, osteoporosis, penyebab nyeri sendi. Benarkah itu?

Tidak ada bukti yang menyebutkan secara jelas bahwa osteoporosis, penyebab nyeri sendi. Di sini sering terjadi kesalahpahaman antara osteoporosis, osteoarthritis, dan rheumatoid arthritis. Osteoarthritis dan rheumatoid arthritis jelas merupakan penyebab nyeri sendi karena penyakit ini merupakan penyakit ketika persendian tubuh terganggu fungsinya. Baik karena terkilir saat melakukan gerakan tertentu (osteoarthritis) atau pun karena peradangan otoimun yang melibatkan persendian tubuh (rheumatoid arthritis). Beda jauh dengan osteoporosis yang merupakan penyakit pengeroposan tulang dan tidak melibatkan persendian.

Baca juga : Kenali Yang Menjadi Penyebab Osteoporosis

Menurut para ahli, osteoporosis bukanlah penyebab nyeri sendi. Hal yang benar adalah penderita osteoarthritis dan rheumatoid arthritis pada akhirnya bisa menjadi penderita osteoporosis. Ya, ketika persendian sudah terserang/terganggu maka pengeroposan tulang akan mudah terjadi. Tak hanya terjadi secara alami saja, beberapa jenis pengobatan osteoarthritis dan juga rheumatoid arthritis bisa menggiring penderitanya menjadi osteoporosis.

Salah satu contoh pengobatan osteoarthritis dan rheumatoid arthritis yang bisa menggiring pada osteoporosis misalnya saja adalah olahraga atau melakukan gerakan fisik tertentu. Sebagaimana dijelaskan di atas, osteoarthritis dan rheumatoid arthritis adalah penyakit pada sendi (misalnya sendi kaku). Jadi agar sendi bisa lancar dan tidak kaku, beberapa jenis olahraga yang melibatkan persendian (baik itu jenis stretching, strengthening, posture, dan range of motion) akan disarankan untuk rutin dilakukan agar sendi tidak kaku. Untuk orang yang berisiko osteoporosis, gerakan-gerakan atau olahraga ini justru harus dihindari karena bisa meningkatkan risiko osteoporosinya dan juga tulang patah.

Baca juga : Mengkudu Untuk Mengobati Osteoporosis

Jadi, benarkah osteoporosis penyebab nyeri sendi? Penjelasan di atas pasti bisa menjawab Anda.

BAGIKAN
Blog Health Happiness and Hope ini dibuat untuk sharing berbagai tips kesehatan, kehidupan yang penuh harapan.. kami memberikan tips-tips sederhana agar bisa berbagi dengan teman-teman, semoga ini bermanfaat bagi kita semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here