Pengertian dan Penyebab Hamil Anggur

0
140
Pengertian dan Penyebab Hamil Anggur

Pengertian dan Penyebab Hamil Anggur. Hamil merupakan hal yang indah bagi seorang ibu, namun ada sebagian ibu hamil yang mengalami hamil anggur. Apakah hamil anggur itu? Mungkin Anda akan bertanya pengertian dan yang menjadi penyebab hamil anggur. Kali kita akan menjelaskan mengenai pengertian dan penyebab hamil anggur, agar kita dapat membedakan antara hamil normal dengan hamil anggur.

Hamil anggur atau sering disebut dengan mola hidatidosa adalah sebuah kelainan kehamilan atau kehamilan abnormal yang disebabkan oleh sel dari plasenta (sel trofoblas) yang tumbuh secara berlebihan atau diluar batas normal. Umumnya pada hamil anggur ini, tidak ditemukan adanya unsur janin yang tumbuh dan berkembang seperti umumnya pada kehamilan normal. Jadi dengan kata lain, bukan jabang bayi atau janin yang tumbuh pada rahim Anda tetapi hanya jaringan. Tetapi kadang kadang juga ditemukan adanya janin yang tumbuh pada saat hamil anggur ini dan percampuran kehamilan ini dikenal dengan nama hamil anggur parsialis. Hamil anggur banyak ditemukan pada perempuan yang berusia muda dan pada kehamilan pertamanya.

Setelah mengetahui pengertian hamil anggur maka Anda akan bertanya lagi kenapa disebut dengan hamil anggur?. Hal itu dikarenakan bentuk jaringan kehamilan yang tumbuh dalam rahim itu adalah berbentuk bulat bulat dan menggelembung seperti buah anggur. Bulatan bulatan ini berisi cairan dengan dinding yang tipis (mirip dengan buah anggur). Jaringan gelembung tersebut tidak memiliki pembuluh darah dengan bagian sel plasenta yang tumbuh secara berlebihan tersebut.

Penyebab Hamil Anggur

Penyebab hamil anggur ini sebenarnya sampai saat ini belum dapat diketahui dengan pasti. Tetapi berdasarkan penelitian terakhir yang dilakukan para dokter, pada sel plasenta (sel trofoblas) hamil anggur tidak ditemukan unsur keturunan dari ibunya, hanya berasal dari ayahnya. Jadi dengan kata lain, hamil anggur ini adalah merupakan sebuah hasil dari pembuahan (konsepsi) yang tidak normal yaitu hasil dari pembuahan sel telur yang tidak mengandung faktor faktor keturunan dari ibu. Pada biasanya kehamilan mengandung faktor atau unsur keturunan ibu serta ayah yang bergabung.

Baca : Alasan Harus Hindari Anggur Selama Kehamilan

Gejala gejala hamil anggur yang sering terjadi yaitu gejalanya terjadi seperti wanita hamil pada umumnya yaitu :

  1. Terjadi mual – mual
  2. Mulai muntah
  3. Pusing
  4. Seperti mau demam
  5. Lelah dan gejala kehamilan lainnya pada umumnya

Tetapi pada wanita yang hamil anggur ini ada beberapa yang membedakan :

  1. muntah yang terjadi akan berlebihan
  2. denyut nadi cepat
  3. jantung berdebar – debar
  4. yang paling spesifik adalah terjadinya pendarahan dimana pendarahan ini sering kali dialami oleh penderita hamil anggur
  5. pembesaran kandungan yang sangat cepat dimana gejala yang ini sering disamakan dengan gejala ibu yang hamil dengan anak kembar

Baca : Penyakit Komplikasi Pada Kehamilan

Mengatasi Hamil Anggur

Untuk mencegah hamil anggur tersebut maka sang ibu hamil yang menderita gejala gejala seperti yang disebutkan tadi harus cepat cepat memeriksakan diri secara mendalam ke dokter agar diketahui apakah memang menderita hamil anggur atau hamil normal. Selain itu untuk mendiagnosa hamil anggur ini perlu dilakukannya dengan pemeriksaan USG (ultrasonografi) karena gejala hamil anggur baru timbul setelah kehamilan memasuki keadaan yang cukup besar.

Baca : Buah-buahan untuk Ibu Hamil

Pengobatan hamil anggur dapat dilakukan sebagai upaya penanganan yaitu dilakukan dengan jalan kuret hisap yaitu melakukan kuret sambil menghisap jaringan. Tindakan ini cukup dilakukan satu kali saja dan dilakukan dengan sangat cepat sehingga seluruh jaringan dapat dikeluarkan dan komplikasi terjadinya pendarahan dapat dikurangi juga sehingga sang ibu dapat tenang dan tidak mengalami gejala gejala yang cukup menyiksa itu.

Berikut tadi pengertian dan penyebab hamil anggur semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here