Penyakit Impetigo pada Anak

0
128
Penyakit Impetigo pada Anak

Impetigo pada Anak. Impetigo adalah sejenis penyakit infeksi pada kulit. Penyakit impetigo diakibatkan oleh bakteri staphylococcus aureus (bakteri dari golongan A). Karena banyak terjadi pada anak-anak usia sekolah, impetigo pada anak disebut sebagai penyakit anak-anak sekolah.

Penyakit impetigo mudah menular dari satu anak ke anak yang lain. Kemampuan bakteri yang bisa hidup di mana saja di kulit manusia menjadi penyebabnya. Akan tetapi meskipun demikian, jika daya tubuh si anak baik, bakteri penyebab impetigo tak akan sampai menimbulkan penyakit. Dan biasanya, penyakit impetigo muncul karena terpicu oleh luka kulit yang sudah ada.

Baca juga : Jenis-jenis Penyakit Kulit dan Gambarnya

Gajala Penyakit Impetigo

Gejala penyakit impetigo bisa dilihat dari munculnya benjolan atau ruam merah di kulit (biasanya berair atau bernanah). Letaknya di wajah, leher, serta tangan dan kaki. Rasa gatal juga menyertai benjolan-benjolan merah berair ini. Dan itu sebabnya, impetigo mudah menular dari garukan-garukan tangan. Bisa dari satu anak ke anak lain atau dari satu tempat ke tempat lain (misal dari wajah ke tangan atau sebaliknya).

Pengobatan penyakit impetigo

Pengobatan penyakit impetigo pada anak biasanya dilakukan setelah pengecekan terlebih dahulu oleh ahli medis. Antibiotik yang khusus dengan rujukan resep adalah obat yang paling baik. Di samping itu, penghilangan (pengurangan) nanah dan pencegahan penularan/penyebaran impetigo ke tempat lain bisa mempercepat kesembuhan.

Pencegahan penyakit impetigo pada Anak

Dalam upaya mengurangi dan mencegah impetigo ada baiknya dilakukan beberapa hal berikut ini.

  1. Anak mandi secara teratur dengan menggunakan sabun hingga bersih. Sabun antiseptik bisa mengurangi kemungkinan datangnya penyakit ini. Akan tetapi hati-hati, ada beberapa anak bahkan orang dewasa yang sensitif dengan jenis sabun ini.
  2. Menjaga selalu kebersihan tangan dan mulut. Potonglah kuku anak Anda selalu. Mencuci tangan dengan menggunakan sabun juga sangat dianjurkan.
  3. Membersihkan nanah/cairan yang ke luar dari benjolan/ruam kulit dengan baik dan benar dan juga hati-hati.
  4. Jangan sampai nanah/cairan itu menempel di bagian lain atau membuat luka semakin besar. Hal ini karena akan membuat penyakit menyebar luar dan bertambah parah.
  5. Menjaga selalu kebersihan pakaian, handuk, kasur, mainan dan semua alat-alat yang dipakai si kecil.
  6. Pemberian desinfektan akan bisa mengurangi kemungkinan.

Baca : Jenis Penyakit Kulit yang Sangat Mengganggu

Nah itulah berbagai hal mengenai impetigo pada anak. Pastikan Anda selalu mewaspadai hal-hal kecil apa pun yang terjadi pada anak Anda. Jaga pula kesehatan dan kebersihan tubuh serta lingkungan tempat tinggal Anda. Mencegah akan selalu lebih baik daripada mengobati. Semoga bermanfaat.

BAGIKAN
Blog Health Happiness and Hope ini dibuat untuk sharing berbagai tips kesehatan, kehidupan yang penuh harapan.. kami memberikan tips-tips sederhana agar bisa berbagi dengan teman-teman, semoga ini bermanfaat bagi kita semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here