Penyakit Osteoporosis Pada Lansia

0
76
Penyakit Osteoporosis Pada Lansia

Penyakit Osteoporosis Pada Lansia. Osteoporosis yang berarti tulang keropos adalah penyakit di mana tulang secara bertahap menjadi lemah dan rapuh. Kondisi ini sering menyebabkan patah tulang terutama dari pinggul, pergelangan tangan dan tulang belakang bahkah dari aktivitas sederhana seperti mengangkat kursi atau membungkuk. Bagaimana dengan osteoporosis pada lansia?

Osteoporosis merupakan penyakit yang umum terjadi di kalangan orang tua, tapi penyakit ini bisa menyerang usia berapa pun. Meskipun lebih sering terjadi pada wanita yang lebih tua, pria juga bisa mengalami osteoporosis. Salah satu dari sertiap 2 wanita dan 1 dalam setiap 4 pria yang berusia lebih dari 50 tahun akan menderita osteoporosis terkait dengan patah tulang yang dialaminya.

Baca juga : Kenali Yang Menjadi Penyebab Osteoporosis

Osteoporosis kadang dianggap sebagai silent disease karena pengeroposan tulang terjadi tanpa gejala. Bahkan banyak orang tidak tahu bahwa mereka menderita penyakit ini sampai tulang mereka patah. Osteoporosis juga dapat menyebabkan vertebra (salah satu dari 33 segmen tulang yang membentuk tulang belakang) ambruk/runtuh. Tanda-tanda vertebra meliputi nyeri punggung, kifosis, tubuh menjadi pendek karena bongkok.

Kekuatan dan kepadatan tulang adalah sebagian yang disebabkan oleh berapa banyak kalsium dan mineral lain yang dikandungnya. Tubuh Anda terus menerus membuat tulang baru dan mengabsorpsi kembali tulang tua. Ketika Anda masih muda, proses ini terjadi dengan cepat. Anda membuat tulang lebih dari kehilangannya, sehingga Anda membangun massa tulang. Setelah usia pertengahan 30-an, tubuh Anda terus membuat tulang baru tapi lebih lambat prosesnya. Hal ini menyebabkan Anda kehilangan tulang lebih dari yang dibuatnya. Jumlah tulang yang Anda miliki di usia 30-an membantu menentukan risiko untuk terkena osteoporosis di kemudian hari (osteoporosis pada lansia). Bagi wanita, keropos tulang meningkat secara signifikan pada saat menopause, ketika tingkat estrogen menurun.

Baca juga : Mengkudu Untuk Mengobati Osteoporosis

Selain usia dan menopause, penyebab osteoporosis dapat meliputi penggunaan obat tertentu dalam waktu yang lama terutama kotikosteroid dan obat tiroid, gagal ginjal, penyakit tiroid atau kelenjar adrenal, tidak mendapat cukup kalsium, vitamin D, vitamin K, dan magnesium, anorexia nervosa, mengkonsumsi minuman beralkohol, rheumatoid arthritis.

Semoga uraian tentang osteoporosis pada lansia di atas dapat bermanfaat.

BAGIKAN
Blog Health Happiness and Hope ini dibuat untuk sharing berbagai tips kesehatan, kehidupan yang penuh harapan.. kami memberikan tips-tips sederhana agar bisa berbagi dengan teman-teman, semoga ini bermanfaat bagi kita semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here