Penyakit Radang Tenggorokan dan Penyebabnya

0
90
Penyakit Radang Tenggorokan dan Penyebabnya

Penyakit Radang Tenggorokan dan Penyebabnya. Penyakit radang tenggorokan bukanlah merupakan sesuatu hal yang baru bagi kita semua. Penyakit yang dalam dunia kedokteran ini disebut sebagai sore throat, merupakan penyakit umum yang menyerang manusia, terutama apabila seseorang mengonsumsi gorengan secara berlebihan.

Memang penyakit ini lebih banyak menyerang anak-anak, namun buka berarti orang dewasa terhindar dari penyakit ini. Pada umumnya, radang tenggorokan disebabkan oleh virus atau bakteri, namun penyakit radang tenggorokan juga bisa muncul akibat pola hidup dan pola makan yang tidak sehat.

Baca : Mengatasi Radang Tenggorokan Pada Anak

Meskipun terlihat tidak berbahaya, sebaiknya anda cepat menangani penyakit ini, karena penyakit ini ternyata juga cukup mengganggu kesehatan tubuh kita. Tidak mungkin kita melewatkan hari-hari kita tanpa berbicara sepatah kata pun.

Penyakit radang tenggorokan ini bisa membuat seseorang mengalami kesulitan dalam mengeluarkan suaranya. Oleh karena itu, sebaiknya anda segera atasi penyakit radang tenggorokan ini dengan benar.

Penyakit Radang Tenggorokan dan Penyebabnya

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai penyakit radang tenggorokan dan penyebabnya, simaklah yang berikut ini.

1. Radang tenggorokan akibat virus

Salah satu faktor yang menyebabkan seseorang terkena radang tenggorokan adalah virus coxsackie (hand, food, and mouth disease). Pada penyakit influenza pada umumnya akan menampakkan gejala-gejala yang kemudian dapat menyebabkan radang tenggorokan. Pada kondisi seperti ini, peradangan pada umumnya dapat terjadi 3 sampai 10 hari.

Hal ini mungkin karena flu pada awalnya diawali oleh kondisi tidak enak, lemas, tidak nafsu makan, keluar lender dalam hidung, kadang suhu tubuh meningkat. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya radang tenggorokan.

Gejala yang disebabkan oleh virus adalah suara menjadi serak, batuk dan bersin, rasa pedih dan gatal pada tenggorokan. Infeksi yang disebabkan oleh virus pada umumnya bisa dengan cepat menyebar, karena penyebarannya melalui udara dan sentuhan dari penderita.
Penyakit radang tenggorokan ini bisa bertambah parah apabila tidak diobati dengan benar. Jika virus tersebut menyerang hati, maka anda akan mengalami penyakit kuning. Penularannya bisa melalui air liur, dari tangan ke mulut, atau dari penggunaan alat-alat pribadi, misalnya handuk, sikat gigi, dan alat-alat makan.

Pengobatan radang tenggorokan akibat virus sebaiknya jangan digunakan antibiotaik, karena hal itu hanya akan membuat virus bertambah kebal.

2. Radang tenggorokan akibat bakteri

Kasus radang tenggorokan akibat bakteri ini memang masih jarang ditemukan, namun biasanya gejala dan akibatnya lebih parah. Beberapa gejala yang ditimbulkan dari bakteri streptokokus adalah sebagai berikut :

  1. Pada umumnya penderita mengalami sakit tenggorokan pada pagi hari, terutama pada waktu menelan makanan.
  2. Biasanya tenggorokan terasa asam, yang sering mengakibatkan si penderita meludah.
  3. Tonsil dan kelenjar leher akan membengkak.
  4. Pada bagian tenggorokan si penderita akan muncul bercak-bercak putih dan dinding bagian belakang tenggorokan berwarna merah.
  5. Biasanya juga terjadi demam yang sangat tinggi.

Pada kasus seperti ini, sebaiknya anda berobat ke dokter dan mendapatkan antibiotic. Hal ini dilakukan untuk mencegah kuman masuk ke dalam katup jantung yang kemudian bisa menyebabkan demam rematik pada penderitanya.

3. Radang tenggorokan karena iritasi

Selain karena virus dan bakteri, penyakit radang tenggorokan juga bisa disebabkan oleh makanan tertentu. Makanan yang seperti itu misalnya adalah makanan yang terlalu pedas, asam, panas, dingin, serta makanan yang digoreng.

Baca : Beberapa Penyakit Akibat Makanan Pedas

Makanan yang digoreng merupakan penyebab paling banyak kita temui. Sebenarnya, yang menyebabkan terjadinya radang tenggorokan bukanlah gorengannya, namun minyak yang digunakan. Pada umumnya, gorengan seperti itu akan menggunakan minyak yang telah dipakai berulang kali.

Selain itu, radang tenggorokan juga bisa terjadi karena pola hidup dan lingkungan yang tidak sehat, misalnya :

  1. Rokok ataupun asap rokok. Hal ini berlaku bagi perokok aktif maupun perokok pasif. Pada umumnya, di dalam rokok terdapat senyawa yang dapat memicu radang pada tenggorokan.
  2. Selain itu, radang pada tenggorokan juga bisa terjadi karena penderita tidak menjaga kebersihan mulut, gigi, dan tenggorokannya.
  3. Hal lainnya adalah daya tahan tubuh yang menurun karena tidak mendapat asupan gizi yang seimbang.

Inilah uraian singkat mengenai penyakit radang tenggorokan. Semoga artikel ini bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here