Penyebab, Gejala kanker mulut dan Pengobatan

0
117
Penyebab, Gejala kanker mulut dan Pengobatan

Gejala kanker mulut penyebab pengobatan dan pencegahannya tentu saja berbeda dengan kanker ginjal atau kanker lainnya. Banyak jenis kanker yang menjadi momok bagi kita, mulai dari kanker serviks, kanker otak, kanker payudara, kanker pencernaan, kanker kerongkongan, kanker usus, kanker kandung kemih, kanker paru-paru dan. Untuk kali ini kita akan membahas tentang penyakit kanker mulut mulai dari pengertian atau definisi, gejala dan deteksi dini, penyebab, pengobatan serta pencegahan kanker mulut.

Definisi kanker mulut

Apakah penyakit kanker mulut itu? Penyakit kanker mulut adalah bagian dari kanker kepala dan leher. Kanker mulut dapat berkembang dalam setiap bagian dari rongga mulut atau orofaring. Sebagian besar kanker mulut dimulai di lidah dan di dasar mulut. Bila kanker mulut menyebar (bermetastasis), biasanya perjalanan melalui sistem limfatik. Sel-sel kanker sering muncul pertama pada kelenjar getah bening terdekat di leher.

Sel-sel kanker juga dapat menyebar ke bagian lain dari leher, paru-paru, dan bagian tubuh lainnya. Tumor baru yang tersebar tersebut memiliki sel yang sama dengan tumor primer. Misalnya, jika kanker mulut menyebar ke paru-paru, sel-sel kanker di paru-paru merupakan sel kanker mulut. Penyakit ini merupakan metastasis kanker mulut, bukan kanker paru-paru.

Kanker mulut dan gigi terdiri dari beragam macam, mulai dari kanker mulut, kanker lidah, dan kanker tenggorokan. Kanker mulut paling sering terjadi di bagian bibir dan lidah. Jika lidah Anda sering tergigit, bisa jadi itu merupakan salah satu tanda awal orang kena kanker lidah.

Waspada jika warna atau permukaan lidah berubah, kehilangan atau menurunnya rasa kecap, atau sariawan di lidah yang tak kunjung sembuh, kemungkinan itu juga awal kanker lidah.

Tanda-tanda dan gejala kanker mulut serta deteksi dini

Penyakit kanker mulut dapat menyerang seluruh bagian rongga mulut. Dari lidah, mulut bagian bawah dan bagian atas, pipi bagian dalam, tenggorokan, serta bibir, merupakan bagian mulut yang dapat terserang kanker mulut. Pemeriksaan rutin dari dokter gigi atau dokter dapat membantu deteksi dini terhadap tanda-tanda kanker. Pemeriksaan secara teratur dapat mendeteksi tahap-tahap awal kanker mulut.

Seperti halnya kanker umumnya, penyakit ini sulit dideteksi sejak dini karena tidak memperlihatkan tanda yang nyata. Apalagi faktor penyebab kanker mulut juga sangat beragam serta tidak mudah diketahui. Gejala yang biasanya muncul dari kanker mulut ini adalah terjadinya luka pada gusi atau sariawan dalam jangka waktu yang panjang, yakni lebih dari satu minggu sampai dengan satu bulan.

Luka yang awalnya seperti sariawan biasa ini, lama kelamaan akan menggerogoti seluruh jaringan dalam mulut dan gigi hingga lidah, dan akibatnya membuat mulut dan rongga mulut menjadi kebal dan tidak mampu merasakan apa pun. Bahkan, Anda pun akan kehilangan indera penciuman, bukan hanya indera perasa.

Berikut ini adalah gejala kanker mulut secara umum dan tanda-tanda kemunculan penyakit kanker mulut yang meliputi:

  • Bercak di dalam mulut atau bibir berwarna putih, merah, atau campuran merah dan putih
  • Sering menderita sariawan yang berkepanjangan
  • Nyeri pada bibir atau mulut
  • Pendarahan di mulut
  • Kehilangan gigi
  • Sulit atau nyeri saat menelan
  • Sulit memakai gigi palsu
  • Benjolan di leher
  • Nyeri pada telinga

Gejala-gejala ini tidak selalu berarti kanker. Infeksi juga dapat menyebabkan gejala yang sama. Untuk itu, Anda juga perlu memeriksakan diri ke dokter.

Faktor risiko, penyebab dan pemicu kanker mulut

Siapa saja yang berisiko menderita kanker mulut? Penelitian telah menunjukkan bahwa ada faktor-faktor risiko tertentu yang menyebabkan kanker mulut. Berikut ini adalah faktor risiko untuk kanker mulut:

  • Tembakau/kebiasaan merokok
  • Alkohol
  • Paparan sinar matahari
  • Riwayat kanker kepala dan leher

Beberapa penelitian lain menunjukkan bahwa kekurangan makan buah-buahan dan sayuran dapat meningkatkan kemungkinan terkena kanker mulut. Para ilmuwan juga sedang meneliti apakah infeksi dengan virus tertentu berhubungan dengan kanker mulut.

Penyebab kanker mulut umumnya cukup kompleks. Selain tembakau dan alkohol, terdapat sejumlah pengaruh lainnya yang dapat menyebabkan terjadinya kanker mulut. Diantaranya pengaruh sinar ultraviolet dari matahari maupun riwayat penyakit ini dalam keluarga. Faktor-faktor risiko inilah yang diperkirakan dapat mendorong pertumbuhan sel-sel dalam rongga mulut secara abnormal.

Penyakit kanker juga tak dapat dilepaskan dari pengaruh gaya hidup modern yang banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung oksidan. Begitu juga dengan iritasi yang terjadi dalam mulut dapat menyebabkan masuknya virus penyebab kanker. Iritasi bisa terjadi akibat gesekan dengan gigi yang tajam, sariawan, ataupun tergigit secara tidak sengaja.

Pemeriksaan lanjut penyakit kanker mulut

Di dalam pemeriksaan, apabila dokter menemukan tanda-tanda menyerupai kanker mulut, maka akan diambil apusan jaringan dari rongga mulut, yang disebut biopsy untuk pemeriksaan lebih lanjut. Biasanya biopsi dilakukan dengan bius lokal. Kemudian seorang ahli patologi akan melihat jaringan tersebut di bawah mikroskop untuk memeriksa sel-sel kanker. Biopsi adalah satu-satunya cara pasti untuk mengetahui apakah jaringan tersebut merupakan kanker.

Setelah biopsi, dokter menentukan stadium kanker tersebut dan menentukan apakah kanker sudah menyebar atau belum untuk merencanakan pengobatan yang terbaik. Untuk menentukan stadium kanker, mungkin diperlukan endoskopi, yaitu alat berupa tabung tipis bercahaya untuk memeriksa rongga hidung, mulut, dan orofaring. Biasanya untuk endoskopi digunakan bius lokal.

Pemeriksaan lain yang dapat digunakan untuk mengetahui apakah kanker telah menyebar antara lain:

  • Rontgen gigi
  • Rontgen dada
  • CT scan
  • MRI

Cara pengobatan penyakit kanker mulut

Ada beberapa cara dan alternatif untuk mengobati penyakit kanker mulut secara medis antara lain:

1. Operasi – adalah terapi paling umum untuk kanker mulut adalah bedah atau operasi untuk mengangkat sel-sel kanker hingga kelenjar getah bening di leher dan jaringan lain di mulut dan leher. Operasi dapat dikombinasikan dengan terapi radiasi.

2. Terapi radiasi (atau radioterapi) – adalah jenis terapi local untuk tumor kecil atau untuk pasien yang tidak dioperasi. Terapi radiasi dapat digunakan sebelum operasi untuk membunuh sel kanker dan menyusutkan tumor. Terapi ini juga dapat digunakan setelah operasi untuk menghancurkan sel-sel kanker yang mungkin tertinggal di daerah tersebut.

3. Kemoterapi – adalah jenis terapi yang menggunakan obat antikanker untuk membunuh sel kanker. Kemoterapi biasanya diberikan melalui suntikan.

Perlu Anda ketahui bahwa ketiga jenis terapi tersebut masing-masing juga memiliki efek samping, sehingga perlu dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda untuk menentukan dan memilih jalan pengobatan terbaik.

Selain dengan pengobatan medis bisa dilakukan dengan pengobatan kanker mulut secara alami. Banyak tanaman obat disekitar kita yang bisa digunakan sebagai obat herbal alami dalam pengobatan kanker mulut. Selain tidak mengandung efek samping yang membahayakan, Obat Herbal Kanker Mulut Murah dan mudah didapat.

Cara mencegah terjadinya kanker mulut

Penyakit kanker mulut pada dasarnya dapat dicegah dengan senantiasa menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut, karena faktor utama penyebab kanker mulut adalah kurangnya kesadaran dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Kondisi mulut yang tidak bersih membuat kuman yang berjangkit lama-lama menjadi jamur dan akhirnya berkembang menjadi kanker.Karena itu sangat penting untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan menyikat gigi secara rutin. Menyikat gigi yang terbaik adalah dua kali sehari yakni sesudah makan dan sebelum tidur.

Namun, menyikat gigi pun bukan sekadar menyikat. Jika proses menyikat gigi tidak sempurna, rutinitas menyikat gigi hanya menghilangkan 25% kuman yang ada dalam mulut.

Selain menyikat gigi, lidah yang merupakan tempat bertumpuknya kuman pun harus dibersihkan secara tuntas. Karena kuman dalam lidah ini bisa menimbulkan sariawan dan gangguan penyakit mulut lainnya.

Pemilihan pasta gigi yang benar pun sangatlah berpengaruh dengan kesehatan gigi Anda, ditambah juga dengan penggunaan obat kumur yang menuntaskan kegiatan membersihkan mulut.

Rutin memeriksakan gigi enam bulan sekali ke dokter merupakan hal yang sangat penting, sebagai upaya pencegahan dini sebelum kerusakan gigi menyerang Anda.

Selain itu kewaspadaan pribadi juga penting untuk mendeteksi dini apalagi bila Anda memiliki satu atau lebih dari faktor resiko penyebab kanker mulut.

Semoga saja artikel kesehatan terbaru mengenai gejala kanker mulut, termasuk penyebab, cara pengobatan dan pencegahannya ini bermanfaat bagi Anda, atau paling tidak akan menambah wawasan Anda khususnya dalam bidang kesehatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here