Saat Yang Tepat Memberi Bayi Susu Formula

0
229
Saat Yang Tepat Memberi Bayi Susu Formula

Saat Yang Tepat Memberi Bayi Susu Formula, Mendapatkan ASI eksklusif adalah hak setiap bayi. Namun sering kali banyak persepsi ibu maupun keluarga yang salah, yang menyebabkan kegagalan pemberian ASI eksklusif. Susu formula menjadi banyak pilihan banyak ibu, walaupun sebenarnya ibu tersebut masih bisa memproduksi ASI. Ketakutan perubahan bentuk payudara sering kali menjadi alasan ibu menolak menyusui bayinya. Padahal proses menyusui tidak merubah bentuk payudara ibu. Bentuk payudara ibu sudah berubah dengan sendirinya sejak proses kehamilan. Jadi, apabila ibu tidak ingin bentuk payudaranya berubah, bukan proses menyusui yang harus dihindari, tetapi menghindari kehamilan.

Kapan Saat Yang Tepat Memberi Bayi Susu Formula

Iklan yang menarik juga sering kali membuat ibu tidak percaya diri dengan kandungan gizi pada ASInya. Ibu merasa kandungan susu formula lebih baik daripada kandungan ASInya. Padahal kenyataannya tidak ada makanan atau minuman apapun yang komposisinya mampu menyamai, atau bahkan lebih baik dari ASI.

Rasa sakit saat menyusui atau payudara yang lecet juga sering kali memicu ibu untuk tidak memberikan ASI. Di lain pihak, sebenarnya permasalahan tersebut dapat dihindari dengan mengatur posisi menyusui yang benar. Selain itu, tekanan sosial dan financial juga sering menjadi penyebab mengapa ibu lebih memilih memberi susu formula bayi komersial.

Baca : Mengatasi Puting Susu Sakit Saat Menyusui

Tidak adanya tempat menyusui di kantor, kendaraan umum, tempat-tempat umum, dan masih banyak lagi ataupun ibu yang bekerja sering kali menjadi alasannya. Sebenarnya kondisi ini dapat disiasati dengan memerah ASI pada jam-jam tertentu dan menyimpan ASI sebagai cadangan untuk diberikan kepada bayi selama ibu bekerja.

Namun pada kondisi tertentu, bayi tidak bisa mendapatkan ASI, sehingga susu formula menjadi satu-satunya alternative untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi.

Baca juga : Kenali Penyakit Gondongan Pada Anak

Susu formula hanya boleh diberikan pada kondisi-kondisi tertentu, seperti misalnya ibu bayi meninggal, ibu menderita penyakit tertentu seperti TBC atau HIV-Aids, kelainan struktur dan fungsi payudara ibu, ibu pecandu alkohol berat, atau bayi yang lahir dengan kelainan yang tidak dapat mencerna ASI. Selain kondisi khusus di atas, pemberian susu formula pada bayi sangat tidak disarankan.

Demikian sedikit informasi mengenai Kapan Saat yang Tepat Memberi Susu Formula Bayi, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here