Sumber Makanan Pelancar Asi

0
145
Sumber Makanan Pelancar Asi

Sumber Makanan Pelancar Asi. Salah satu dari sekian hal yang perlu diperhatikan ibu menyusui adalah kualitas dan kuantitas ASI. ASI substansi yang sangat diperlukan bagi bayi, terutama di awal masa kelahiran. Pada masa tersebut, seorang bayi diwajibkan untuk meminum banyak ASI, untuk pertumbuhan yang optimal. Oleh sebab itu, makan makan bergizi dan membuat jadwal menyusui dilakukan oleh para ibu muda. Terlebih, bagi para ibu muda yang bekerja, mereka memompa ASI mereka dan menyimpan dalam lemari es. Karena ASI sangatlah penting, adakah cara untuk memperlancar ASI?
Baca : Mitos Ibu Menyusui dan Faktanya

Sumber Makanan Pelancar Asi

Selain mengkonsumsi makanan yang mampu merangsang kelenjar susu untuk lebih aktif, seperti jagung dan minum banyak air putih, mengkonsumsi jamu atau obat herbal dipercaya mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI. Namun, bukan berarti seorang ibu bebas dari tuntutan mengkonsumsi makanan bergizi setelah dia mengkonsumsi jamu pelancar ASI. Nama nama seperti Fenugreek dan Blessed Thistle disebut sebagai jamu yang efisien dalam hal ini. Selain, beberapa merk lain seperti alfalfa, spirula, daun raspberi dan beberapa nama laktasi juga dipercaya untuk meningkatkan jumlah ASI.

baca: Bolehkan Minum Kopi Saat Menyusui

Namun, sebelum mencoba untuk mengkonsumsi jamu, obat herbal, dan atau obat-obatan lainnya, ada baiknya para ibu mencoba untuk memasak beberapa resep tradisional yang bisa dicampur dalam makanan. Bagaimanapun juga, obat herbal adalah obat.

Pertama, mengganti nasi dengan oatmeal tidak hanya baik untuk mengurangi kolesterol, melainkan juga mampu memperlancar ASI. Namun, untuk yang tidak suka oatmeal, mecampur segenggam kacang hijau atau beras merah ketika menanak nasi juga sangat dianjurkan. Lebih dianjurkan lagi bagi para ibu menyusui untuk mengkonsumsi beras merah. Bagi mereka yang mengkonsumsi nasi jagung, menambahkan kacang hijau dan kacang merah juga dianjurkan sebagai variasi karbohidrat selama menyusui.

Baca : Mengatasi Puting Susu Sakit Saat Menyusui

Sebagai sumber vitamin, dan juga dihidangkan bersama makanan mengandung karbohidrat tersebut, terdapat beberapa macam sayur bening yang dianjurkan bagi ibu menyusui untuk memperlancar ASI. Sayur bening yang terbuat dari bayam merah, bayam hijau, dan daun katu sangat baik untuk memperlancar ASI. Selain itu, kombinasi jagung manis muda, wortel, dan oyong atau gambas bisa digunakan sebagai variasi resep. Apabila ingin sayur berkuah santan, cobalah memasak bobor bayam.

Sebenarnya, beberapa macam sayur dan dedaunan dapat dikombinasikan sebagai makanan pelancar ASI. Resep kombinasi bahan-bahan tersebut juga dapat dimasak sesuai dengan selara. Bahan-bahan tersebut adalah daun pepaya, daun bayam, daun kacang panjang, daun singkong muda, sawi hijau, daun kencur muda, daun beluntas, sawi pahit, daun kenikir, kacang panjang, toge, dan kangkung. Pecel mengandung bahan-bahan tersebut, namun, menghindari pecel pedas disarankan bagi para ibu muda.

Baca : Obat Batuk Untuk Ibu Hamil Yang Aman

Selain makanan, meminum susu kedelai dan susu jagung juga bermanfaat untuk memperlancar ASI. Susu jagung dapat dengan mudah dibuat dengan cara merebus jagung terlebih dahulu, kemudian disisir. Setelah disisir, bulir-bulir jagung diblender dan disaring. Untuk camilan, kacang tanah sangria atau dioven, marning, jagung goreng dan kedelai goreng juga baik untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI.

Walaupun penggunaan jamu dan obat herbal atau jamu dipandang mampu memperlancar ASI, namun ada baiknya mencoba mengkonsumsi sayur-mayur tersebut sebelum mencoba obat herbal dan jamu. Memiliki keterampilan membuat sendiri jamu daun katuk atau jamu daun beluntas juga akan lebih berguna. Dengan demikian, kuantitas dan kualitas ASI akan meningkat, dan bayi lebih bersih lagi dari bahan-bahan kimia. Namun, pemijatan payudara dan mengkonsumsi sumber protein juga tidak boleh terlewatkan.

Baca : Tips Untuk Bayi Yang Susah Minum ASI

Demikian sedikit informasi mengenai Sumber Makanan Pelancar Asi, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here