Tips Ampuh Cara Mencegah Diabetes

0
125
Tips Ampuh Cara Mencegah Diabetes

Tips Ampuh Cara Mencegah Diabetes. Didunia sekarang ini penyakit yang sering dialami oleh orang-orang didunia adalah penyakit diabetes. Bahkan didunia diabetes sudah menjadi penyakit yang besar dan bahkan di Indonesia sendiri diabetes menjadi penyakit nomor dua terbanyak dialami. Penyakit yang satu ini juga sudah banyak menimbulkan korban nyawa.
Diabetes sendiri sebenarnya merupakan penyakit yang disebabkan oleh gula dimana metabolisme karbohidrat, lemak dan protein kita terganggu. Gejala dari penyakit ini ialah dimana gula darah atau glukosa kita menjadi tinggi dengan cepat. Selain itu bila kita terkena diabetes maka kita akan merasa ngantuk, tubuh lemas, sering kehausan, sering buang air kecil dan badan secara otomatis kurus.

Penyebab seseorang terkena diabetes tidak bukan adalah karena orang tersebut terlalu banyak mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula. Terutama minuman, banyak nya minuman karbonasi, minuman berenergi, dll menjadi biang kerok utama penyebab diabetes.

Penyakit diabetes terbagi menjadi 2 tipe yaitu :

Diabetes mellitus dengan insulin (IDDM)

Tipe diabetes yang satu ini tergolong masih rendah namun tetap saja membahayakan. Yang sering menjadi korban tipe pertama ini adalah anak kecil dan remaja pada umumnya. Ini terjadi karena sel beta yang terdapat pada bagian pankreas terjadi kerusakan yang secara otomatis mempengaruhi produksi insulin di pankreas tersebut. Insulin sendiri sangat penting bagi tubuh karena dapat mengatur gula dalam tubuh kita. Diabetes tipe pertama ini dapat dicegah dengan mengatur pola makan kita.

Diabetes mellitus tanpa insulin (IDDM)

Penyakit diabetes tipe kedua ini berbanding terbalik dengan diabetes tipe pertama. Bila tipe yang pertama tadi karena kurangnya insulin maka pada tipe yang kedua ini diabetes terjadi karena kadar insulin tinggi melebih batas yang menyebabkan sel-sel dalam tubuh kehilangan kepekaan terhadap insulin. Dan faktor utama terjadinya tipe yang kedua ini ialah seseorang gemuk. Dan untuk mengobati penyakit ini maka orang tersebut harus menjalani program diet yang dikondisikan sesuai kondisi tubuh. Diabetes tipe 2 ini umunya sering terjadi pada orang yang berumur 40 tahun keatas.

Selain itu resiko terjadi nya diabetes ialah asterosklerosis. Ini merupakan suatu penyakit dimana terjadi pengumpulan lemak yang dapat juga menyebabkan kadar gula tinggi. Adajuga resiko glikosilasi yang terjadi karena glukosa terikat pada protein dan menyebabkan kronis terkomplikasi.

Tips Ampuh Cara Mencegah Diabetes

Meskipun begitu diabetes bukannya tidak bisa disembuhkan secara total. Ada beberapa cara mencegah diabetes agar seseorang tidak terkena penyakit diabetes yaitu :

1. Mencegah diabetes dengan melakukan program diet

Menjaga porsi tubuh tetap ideal adalah hal yang bagus mencegah terjadinya diabetes. Program diet ini dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang lebih bersifat alami seperti lebih sering mengkonsumsi bawang-bawangan dan kacang. Segala sesuatu makanan yang bersifat lemak jahat harus segera dijauhi. Cara mencegah diabetes yang satu ini dikenal cukup manjur untuk mencegah diabetes.

Baca : Diet untuk Ibu Hamil dengan Diabetes

2. Mengkonsumsi obat-obatan yang bersifat herbal

Salah satu obat herbal yang bagus untuk mencegah diabetes ialah gymnema sylvestre. Obat herbal satu ini telah terbukti kemanjurannya untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Obat ini dapat membuat gula dalam tubuh menjadi rendah. Tumbuhan obat yang terdapat di hutan tropis india ini memiliki dosis 400gram menurut para ahli. Tumbuhan ini juga tidak ada efek samping sehingga aman untuk dikonsumsi baek untuk anak maupun orang dewasa. Selain gymnema sylvestre, juga terdapat banyak obat herbal lainnya yang dapat menyembuhkan diabetes.

Baca : Cara Mengolah Buncis Untuk Diabetes

3. Sering melakukan aktivitas olah raga

Cara mencegah diabetes yang satu ini terkesan mudah namun kebanyakan orang menyepelekan hal yang satu ini. Dengan berolah raga maka metabolisme dalam tubuh yang tidak berguna akan dibuang atau dikeluarkan. Selain itu olah raga dapat membuat tubuh kita mengontrol lemak yang ada.

Baca : Kurang tidur dapat meningkatkan diabetes

4. Sering mengkonsumsi air putih

Air putih merupakan komponen penting dalam tubuh. Dengan banyak nya mengkomsumsi air putih maka dapat menetralkan kadar gula dalam darah. Cara mencegah diabetes satu ini bisa dibilang cukup manjur.

Baca : Sayur Bendi, Makanan Penderita Diabetes

Dari ke empat cara mencegah diabetes diatas yang terpenting ialah kesadaran kita sendiri untuk melakukannya. Sebab penyakit diabetes ini dapat menjadi penyakit yang mematikan bila tidak diobati segera dan dicegah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here