Tips Sederhana Cara Mengatasi Insomnia

0
115
Tips Sederhana Cara Mengatasi Insomnia

Tips Sederhana Cara Mengatasi Insomnia – Anda mengalami insomnia (susah tidur)? Apa itu insomnia? Insomnia adalah suatu masalah tidur (gangguan tidur) dimana seseorang mengalami kesulitan untuk tidur atau tidak bisa tidur cukup lama sesuai dengan waktu yang dibutuhkan oleh tubuh, meski dia memiliki kesempatan untuk melakukannya. Hal tersebut dapat membuat kondisi fisik penderita insomnia menjadi kurang fit untuk melakukan aktivitas keesokan harinya.

Sulit untuk menentukan ukuran tidur normal karena kebutuhan tidur pada setiap orangnya berbeda-beda. Hal tersebut dipengaruhi oleh usia, gaya hidup, lingkungan, dan pola makan. Kebanyakan orang dewasa pada umumnya membutuhkan waktu tidur sekitar tujuh hingga delapan jam semalam.

Ada dua jenis insomnia, yaitu insomnia primer dan insomnia sekunder. Insomnia primer merupakan jenis insomnia yang tidak terkait secara langsung dengan masalah kesehatan lainnya, sedangkan insomnia sekunder merupakan jenis insomnia yang terjadi karena kondisi kesehatan tertentu, seperti asma, depresi, arthritis, kanker, dll.

Insomnia juga bisa terjadi secara akut (dalam jangka pendek) atau secara kronis (dalam jangka waktu yang lama). Insomnia juga bersifat kekambuhan, yaitu bisa menghilang dan muncul kembali dalam beberapa waktu ketika seseorang tidak memiliki masalah tidur.

Baca juga : Kurang tidur dapat meningkatkan diabetes

Gejala Insomnia

Gejala insomnia pada setiap orang juga berbeda-beda, namun gejala-gejala insomnia yang paling umum diantaranya:

  1. Kesulitan untuk tidur.
  2. Terbangun di malam hari atau dini hari dan mengalami kesulitan untuk tidur kembali.
  3. Merasa lelah, uring-uringan, dan tidak bisa melakukan aktivitas dengan baik pada siang harinya.
  4. Mengalami masalah dengan daya ingat atau konsentrasi.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami kesulitan untuk tidur dan berujung pada insomnia dalam waktu cukup lama, yaitu mulai dari gaya hidup kurang sehat dan kenyamanan ruangan kamar, hingga faktor kesehatan psikologis, kesehatan fisik, dan efek samping obat-obatan.

Baca juga : Cara Alami Mengatasi Sakit Kepala Tanpa Obat

Langkah utama dalam pengobatan insomnia adalah mencari tahu apa penyebab insomnia tersebut kemudian memperbaikinya.

Tips Sederhana Cara Mengatasi Insomnia

Berikut ini beberapa tips sederhana cara mengatasi insomnia yang bisa Anda coba.

Makan Pisang

Cara menghilangkan insomnia dengan pisang patut Anda ketahui. Kandungan Tipophan dalam pisang berperan besar dalam menghasilkan tidur yang berkualitas. Mengapa? Buah pisang ternyata sanggup merilekskan syaraf-syaraf otak di malam hari sehingga akan lebih mudah tertidur.

Minum Madu

Tips mengatasi insomnia dengan madu patut kita coba. Kandungan triptofan dan asam aminonya memiliki dampak yang signifikan terhadapa peningkatan kualitas tidur. Caranya pun mudah, cukup konsumsi 1 sdm (sendok makan) madu menjelang tidur. Cara ini dipercaya dapat membuat tidur kita jadi lebih pulas.

Konsumsi Kacang Almond

Cara mudah mengatasi insomnia dapat kita coba dengan mengkonsumsi Kacang Almond . kandungan Magnesium dan Kalsiumnya memiliki efek penenang yang dapat merilekskan otot sehingga kita dapat tertidur pulas.

Konsumsi Oatmeal

Oatmeal merupakan bahan makanan yang dikenal tinggi kandungan seratnya. Selain itu, di dalam oatmeal ternyata terkandung zat melatonin yang berperan dalam memberikan stimulasi mengantuk sehingga membuat kita ingin tidur.

Baca juga : Cara Agar Anak Tidak Tidur Larut Malam

Itulah beberapa tips mudah cara mengatasi insomnia atau susah tidur. Silahkan Anda mencobanya dan semoga bermanfaat.

BAGIKAN
Blog Health Happiness and Hope ini dibuat untuk sharing berbagai tips kesehatan, kehidupan yang penuh harapan.. kami memberikan tips-tips sederhana agar bisa berbagi dengan teman-teman, semoga ini bermanfaat bagi kita semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here